20.1 C
New York
Sunday, June 16, 2024

Hasil Tes Negatif, Trump Perluas Larangan Terbang ke Eropa

Washington DC, MISTAR.ID

Presiden AS Donald Trump dinyatakan negatif terpapar virus korona, jelas tim kesehatannya. Trump setuju melakukan tes setelah melakukan kontak dengan beberapa anggota delegasi Brasil yang mengunjungi resort miliknya dan dinyatakan positif.

Berdasarkan pengujian terhadap dirinya pada hari Jumat (13/3/2020), presiden dari partai Republik ini mengatakan ahli kesehatan pribadinya menyatakan tidak terlihat gejala pada Trump dan tidak perlu melakukan tes. Tapi presiden yang berusia 73 tahun ini memutuskan untuk melakukan tes setelah banyaknya pertanyaan dari media yang ragu karena ia telah terekspos dengan tiga orang yang positif terjangkit.

“Malam ini saya menerima konfirmasi bahwa hasil tesnya negative,” dikatakan Sean Conley, ahli kesehatan Trump di sebuah memo pada hari Sabtu (14/3/2020).

COVID-19 telah membunuh setidaknya 51 orang di AS dan ‘memutarbalikkan’ aktivitas harian diseluruh negara tersebut dengan jutaan orang harus bekerja dari rumah dan penutupan sekolah-sekolah.

New York, kota paling popular di AS menemukan kasus kematian pertama pada hari Sabtu (14/3/2020) dan terjadinya kekosongan rak-rak di toko akibat kepanikan pembeli.

Sementara di Teaneck New Jersey, Walikota Mohammed Hameeduddin menyerukan karantina diri setelah 18 kasus dikonfirmasi di kota tersebut. “Yang dapat kami katakan adalah kami termasuk target virus ini, berharap atau bertindaklah seolah anda akan menjangkiti seseorang atau orang lain akan menjangkiti anda” kata Hameeduddin.

Wabah tersebut telah menginfeksi lebih dari 2.200 orang di AS. Membunuh lebih dari 5.800 manusia secara keseluruhan sedikitnya di 137 negara.

Sementara itu, Wapres Pence mengumumkan pembatasan terbaru untuk perjalanan ke AS, yang mengatakan larangan berpergian ke negara-negara Eropa atas wabah tersebut akan diperluas ke UK (Inggris) dan Irlandia pada hari Selasa (17/3/2020). Pembatasan ini membuat pihak bandara di seluruh negara kacau, dengan harus menunggu para penumpang selama berjam-jam karena pemeriksaan medis sebelum melewati bea cukai.

Sekretaris Keamanan Homeland Chad Wolf mengatakan mereka bekerjasama dengan maskapai penerbangan guna meningkatkan waktu penerbangan.

Trump menghimbau untuk tidak melakukan perjalanan penting dan para pejabat juga harus mempertimbangkan pemberlakuan pembatasan domestik.

Sumber: Aljazeera
Penerjemah: Julyana Ang

Related Articles

Latest Articles