12.1 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Hadiri KTT OKI, Jokowi Tiba di Riyadh

Riyadh, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Riyadh, Arab Saudi, setelah menempuh 11 jam perjalanan. Jokowi diagendakan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Berdasarkan keterangan Biro Sekretariat Presiden, Sabtu (11/11/2023), Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Internasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi, pukul 04.40 waktu setempat.

Di bandara, Jokowi disambut Wakil Gubernur Riyadh Amir Mohammad bin Abdurrahman, Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi, dan Atase Pertahanan KBRI Riyadh Brigjen TNI Putut Witjaksono.

Dari bandara, Jokowi menuju hotel tempatnya bermalam di Riyadh. Di hotel tersebut, Jokowi disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Wakil Kepala Perwakilan RI di Riyadh Sugiri Suparwan, dan Konsulat Jenderal RI Jeddah Yusron B Ambary.

Baca Juga : Gedung Putih: Presiden Biden akan Bertemu dengan Presiden Xi Jinping di KTT APEC

Jokowi diagendakan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). KTT tersebut digelar sebagai tanggapan terhadap situasi krisis di Gaza, Palestina, akibat agresi brutal Israel.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan KTT ini sangat penting sebagai upaya menghentikan perang Hamas dan Israel. Jokowi akan mempertegas seruan gencatan senjata.

“KTT ini sangat penting artinya sebagai upaya tambahan, untuk menghentikan serangan Israel atas bangsa Palestina. Saya akan pertegas seruan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar,” kata Jokowi di YouTube Setpres, Jumat (10/11/23).

Baca Juga : Israel Revisi Jumlah Korban Tewas Akibat Serangan Hamas, Jadi 1.200 Orang

Setelah pertemuan KTT OKI, Jokowi akan menuju Washington, DC, Amerika Serikat (AS), untuk bertemu dengan Presiden AS Joe Biden. Pertemuan ini untuk menyuarakan sikap Indonesia mengenai Gaza.

“Dari KTT OKI di Riyadh, saya akan melanjutkan Washington, DC, pada tanggal 12 November. Kunjungan ini merupakan kesempatan baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza dengan Presiden Joe Biden,” ujarnya. (dtc/hm24)

Related Articles

Latest Articles