8.8 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Google dan Apple Hadapi Penyelidikan Anti Persaingan di Meksiko

Meksiko, MISTAR.ID

Mantan Kepala Telekomunikasi Meksiko, Jumat (9/9/22), dalam sebuah pernyataan di Twitter menyatakan bahwa dia mengajukan keluhan, dimana Apple dan Alphabet (Google) akan menghadapi penyelidikan atas praktik anti persaingan di negara tersebut.

Gugatan itu disampaikan kepada regulator telekomunikasi Meksiko IFT (Instituto Federal de Telecomunicaciones) oleh Mony de Swaan Addati, yang pernah memimpin bekas federasi telekomunikasi yang kemudian digantikan IFT.

Baca Juga:Google bakal Hapus Lebih Banyak Info Lokasi

Keluhannya menuduh Apple dan Google “benar-benar menghambat persaingan” dengan “mengambil keuntungan dari monopoli mereka di toko aplikasi untuk mengikat penggunaan sistem pemrosesan pembayaran mereka sendiri untuk pembelian dalam aplikasi.”

Dalam pernyataan online-nya, de Swaan Addati mengatakan Google Play store dan Apple store membebankan komisi 15 persen hingga 20 persen, yang menyebabkan inflasi harga.

Meski begitu, Google menolak berkomentar, Apple dan IFT juga belum bisa dimintai komentar. Gelombang tuntutan hukum dan keluhan yang menantang aturan toko aplikasi kedua perusahaan itu di berbagai negara selama beberapa tahun terakhir telah menyebabkan Google menurunkan biaya dan Apple melonggarkan aturan. Tetapi beberapa pengembang aplikasi dan kritikus lainnya mengatakan perlunya lebih banyak perubahan.

Baca Juga:Ayo Coba! Ini Cara Meningkatkan Peringkat Website di Hasil Pencarian Google

De Swaan Addati menambahkan bahwa regulator persaingan Meksiko telah menolak permintaannya untuk membuka penyelidikan terhadap perusahaan-perusahaan tersebut, dan mendorongnya untuk membawa kasusnya ke IFT.

“Saya memiliki keyakinan penuh bahwa (IFT) akan menyelidiki dan menggunakan kekuatannya sejalan dengan praktik terbaik internasional sehingga perusahaan-perusahaan ini berhenti menyalahgunakan kekuatan pasar mereka untuk merugikan pengembang aplikasi dan konsumen,” katanya.

Menurut perusahaan data Statista, lebih dari 30 juta smartphone diperkirakan akan dijual di Meksiko tahun lalu. Menurut data terbaru dari Statcounter, Android (Google) memiliki pangsa pasar terbesar di Meksiko dengan penetrasi 77 persen. Apple menghadapi pengawasan di tempat lain dalam wilayah tersebut, seperti regulator Brasil telah melarang penjualan iPhone tanpa pengisi daya awal pekan ini.(channelnewsasia/hm15)

Related Articles

Latest Articles