18.8 C
New York
Friday, May 3, 2024

Gempa 7,8 SR di Turki dan Suriah, Lebih 100 orang Tewas

Istambul, MISTAR.ID

Gempa berkekuatan 7,8 SR melanda Turki dan Suriah pada Senin (6/2/23), menewaskan lebih dari 100 orang dan meratakan bangunan sementara banyak yang masih tertidur. Getaran gempa dinyatakan terasa hingga pulau Siprus dan Mesir .

Pejabat layanan darurat di Turki menyebutkan jumlah korban tewas awal sebanyak 76 orang, meskipun jumlah itu terancam naik jauh lebih tinggi karena bencana malam hari telah meratakan puluhan blok apartemen di kota-kota besar.

Sedikitnya 50 orang juga tewas di bagian Suriah yang dikuasai pemerintah, serta wilayah utara yang dikuasai oleh faksi pro-Turki, menurut media pemerintah dan rumah sakit setempat.

Tayangan televisi menunjukkan orang-orang yang terkejut di Turki berdiri di atas salju dengan piyama mereka, menyaksikan penyelamat menggali puing-puing rumah yang rusak.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 04.17 waktu setempat (pukul 09.17 waktu Singapura) pada kedalaman sekitar 17,9 km, kata sebuah badan AS. Gempa susulan berkekuatan 6,7 terjadi 15 menit kemudian.

Baca juga:Korban Gempa Turki-Yunani Jadi 39 Tewas, 900 Luka

Pusat layanan darurat AFAD Turki menyebutkan gempa pertama bermagnitudo 7,4, menambahkan bahwa itu diikuti oleh puluhan gempa susulan.

Gempa tersebut adalah salah satu yang paling kuat yang melanda wilayah itu setidaknya dalam satu abad, memengaruhi bagian tenggara Turki yang menjadi rumah bagi jutaan pengungsi dari Suriah dan wilayah lain yang dilanda perang.

“Ada banyak bangunan yang rusak,” kata ketua AFAD Orhan Tatar dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional. “Orang-orang harus menghindari bangunan.”

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang akan berada di bawah tekanan untuk mengawasi tanggapan yang efektif terhadap bencana menjelang pemilu 14 Mei yang diperebutkan dengan ketat, menyampaikan simpatinya dan mendesak persatuan nasional.

“Kami berharap dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan paling sedikit,” cuit pemimpin Turki itu.

Kerusakan Serius
Gempa tersebut meratakan puluhan bangunan di kota-kota besar di selatan Turki serta negara tetangga Suriah, negara yang dilanda kekerasan selama lebih dari satu dekade yang telah menewaskan ratusan ribu orang dan membuat jutaan orang mengungsi.

Gambar di televisi Turki dan media sosial menunjukkan penyelamat menggali melalui puing-puing bangunan yang rata di kota Kahramanmaras dan Gaziantep yang berdekatan.
Api menerangi langit malam dalam satu gambar dari Kahramanmaras, meski asalnya masih belum jelas.

Televisi NTV mengatakan bangunan juga runtuh di kota Adiyaman, Malatya dan Diyarbakir.
Gubernur Kahramanmaras Omer Faruk Coskun mengatakan masih terlalu dini untuk memperkirakan jumlah korban tewas karena begitu banyak bangunan yang hancur.

“Tidak mungkin memberikan jumlah korban tewas dan luka-luka saat ini karena begitu banyak bangunan yang hancur,” kata Coskun. “Kerusakannya serius.”

Baca juga:Gempa Turki Telah Tewaskan 73 Orang

Sebuah masjid terkenal yang berasal dari abad ke-13 sebagian runtuh di provinsi Maltaya.
Di kota-kota lain, tim penyelamat terdengar sedih saat mereka berjuang untuk menjangkau korban yang terjebak di bawah puing-puing.

“Kami mendengar suara-suara di sini dan di sana juga,” kata seorang penyelamat yang terdengar di televisi NTV di depan sebuah bangunan yang rata dengan tanah di kota Diyarbakir.

“Mungkin ada 200 orang di bawah reruntuhan.”

Televisi pemerintah Suriah melaporkan bahwa sebuah bangunan di dekat Latakia, di pantai barat Suriah, telah runtuh.

Media pro-pemerintah mengatakan beberapa bangunan sebagian runtuh di Hama, Suriah tengah, dengan pertahanan sipil dan petugas pemadam kebakaran bekerja untuk menarik korban selamat dari reruntuhan.

Raed Ahmed, yang mengepalai Pusat Gempa Nasional Suriah, mengatakan kepada radio pro-pemerintah bahwa ini “gempa bumi terbesar yang tercatat dalam sejarah pusat tersebut”.

Naci Gorur, seorang ahli gempa dari Akademi Ilmu Pengetahuan Turki, mendesak pejabat setempat untuk segera memeriksa bendungan di kawasan itu dari retakan untuk mencegah potensi bencana banjir.

Turki berada di salah satu zona gempa paling aktif di dunia
Wilayah Turki Duzce mengalami gempa berkekuatan 7,4 pada tahun 1999, yang terburuk melanda Turki dalam beberapa dekade.

Gempa itu menewaskan lebih dari 17.000 orang, termasuk sekitar 1.000 orang di Istanbul.
Para ahli telah lama memperingatkan gempa besar dapat menghancurkan Istanbul, yang memungkinkan bangunan luas tanpa tindakan pencegahan keamanan.
Gempa berkekuatan 6,8 melanda Elazig pada Januari 2020, menewaskan lebih dari 40 orang.

Dan pada bulan Oktober tahun itu, gempa berkekuatan 7,0 melanda pantai Aegean Turki, menewaskan 114 orang dan melukai lebih dari 1.000 orang. (cna/hm06)

Related Articles

Latest Articles