12.9 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Gawat! Covid Melonjak di 53 Negara Eropa

Jenewa, MISTAR.ID
Kasus Covid-19 di 53 negara kawasan Eropa dikabarkan kini sangat mengkhawatirkan. Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa, Hans Kluge, mengatakan bahwa lonjakan terjadi di negara tersebut.

“Kami, sekali lagi, menjadi episentrum penularan. Laju penularan saat ini di 53 negara di Benua Eropa menjadi perhatian serius,” kata Kluge seperti dikutip AFP, Selasa (9/11).

Saat ini, kasus Covid-19 di Eropa mencapai 78 juta kasus. Jumlah tersebut mengungguli kasus di Asia Tenggara, Mediterania Timur, Pasifik Barat, dan Afrika.

Baca juga:Uni Eropa Evaluasi Vaksin Covid-19 Pfizer pada Anak di Bawah 11 Tahun

Merujuk satu proyek yang bisa dipercaya, kata Kluge, jika tren saat ini bertahan, berarti akan ada setengah juta kematian akibat Covid-19 di Eropa pada Februari mendatang. Peningkatan kasus itu diamati di semua kelompok umur.

Kluge menganggap penyebab lonjakan kasus Covid-19 adalah cakupan vaksinasi yang tidak memadai dan pelonggaran perbatasan serta aturan sosial.

Menurut Kluge, tingkat perawatan pasien di rumah sakit di sejumlah negara Eropa juga tinggi, sementara vaksinasinya rendah.

Saat ini, langkah-langkah untuk melawan Covid-19 masih terpusat pada tes, pelacakan, jaga jarak, dan penggunaan masker. Namun menurut Kluge, strategi itu harus diubah.

“Kita harus mengubah strategi kita, dari bereaksi terhadap lonjakan kasus Covid-19 ke pencegahan,” ucap Kluge.

Baca juga:Eropa Laporkan Jumlah Kematian Covid-19 Capai 300.000 Jiwa

Kluge melontarkan pernyataan ini ketika kasus harian Covid-19 di Eropa meningkat selama enam pekan berturut dengan 250 ribu kasus

Angka kematian akibat Covid-19 di Eropa juga meningkat tujuh minggu berturut dengan rata-rata 3.600 kasus per hari.

Selama satu pekan terakhir, Rusia menduduki posisi teratas dengan 8.162 kematian, disusul Ukraina dengan 3.819, dan Romania dengan 3.100. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles