17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Duh! Vaksin Palsu Ditemukan di India dan Afrika

India, MISTAR.ID

Vaksin Covid-19 palsu mulai beredar. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi vaksin Covid palsu ini sudah digunakan di India. Vaksin palsu meniru Covishield, vaksin utama yang digunakan di Negeri Bollywood tersebut.

Vaksin palsu itu disita pihak berwenang di India dan Afrika antara Juli hingga Agustus. WHO menambahkan, pembuat vaksin Covishield, yakni Serum Institute of India, juga sudah mengonfirmasi bahwa dosis itu palsu. “Vaksin palsu menimbulkan risiko serius bagi kesehatan masyarakat dunia,” kata WHO dilansir dari media, Kamis (19/8/21).

Badan PBB ini menyerukan pemusnahan vaksin Covid-19 dari peredaran. Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari pemerintah India. Namun, laporan media lokal menyatakan, kementerian kesehatan negara itu tengah menyelidiki masalah tersebut.

Baca Juga:Vaksin Merah Putih Terima Sertifikat CPOB dari BPOM

“Meskipun kami memiliki sistem yang kuat untuk mencegah kasus seperti itu, dengan adanya insiden ini, satu-satunya hal yang kami ingin pastikan adalah tidak ada orang India yang menerima vaksin palsu,” kata seorang pejabat kesehatan India.

Covishield merupakan vaksin AstraZeneca versi India yang paling banyak digunakan di negara itu dengan lebih dari 486 juta dosis yang diberikan hingga saat ini. Serum memiliki persediaan jutaan vaksin Covishield ke negara-negara di Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Persediaan itu sebagai bagian dari kesepakatan yang ditandatangani dengan berbagai pemerintah dan skema COVAX global untuk negara-negara miskin. (medcom/hm12)

Related Articles

Latest Articles