23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Dituduh Sebarkan Virus Corona, Seorang Nenek di China Ditangkap

Jakarta, MISTAR.ID
Seorang wanita lanjut usia bermarga Mao asal Nanjing, Provinsi Jiangsu, China ditangkap polisi karena dituduhan memicu penyebaran virus corona. Ia dituduh melanggar undang-undang anti-epidemi dan pencegahan penyakit hingga menyebabkan 94 orang terinfeksi Covid-19.

Biro Keamanan Publik Yangzhou pada Selasa (3/8/21) mengatakan Mao pergi sejauh 100 kilometer dari Nanjing menuju rumah adik perempuannya di Yangzhou tanpa melapor ke komunitas tempat tinggal.

Mao meninggalkan rumahnya di Nanjing pada 21 Juli di tengah lonjakan infeksi lokal akibat penyebaran varian Delta.

Baca juga: Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19, China Lockdown Kota Guangzhou

Pihak berwenang setempat telah mengeluarkan pemberitahuan bahwa warga harus melaporkan riwayat perjalanan kepada pihak berwenang setempat dari 21 Juli hingga 27. Tapi Mao tidak melakukannya.

Seperti dikutip dari Global Times, selama di Yangzhou wanita itu juga mengunjungi sejumlah tempat , termasuk restoran, toko, klinik, arena permainan mahjong, dan pasar hingga menyebabkan epidemi di kota.

Berdasarkan data statistik epidemiologi, 64 persen kasus yang dikonfirmasi di Yangzhou terkait dengan arena permainan mahjong.

Baca juga: Nenek 90 Tahun Meninggal Terinfeksi Dua Varian Covid-19 Sekaligus di Belgia

Yangzhou telah menjadi perhatian setelah kota itu melaporkan wabah baru. Dari 45 kasus lokal baru yang dilaporkan di Jiangsu, 40 di antaranya berasal dari Yangzhou

China memang telah menerapkan lockdown di sejumlah daerah demi meredam kasus Covid-19 yang melonjak akibat penyebaran corona varian Delta belakangan ini. (cnn/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles