11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Biden ‘Dibius’, Wanita Ini Jabat Presiden AS Selama 1 Jam 25 Menit

Washington, MISTAR.ID

Kamala Harris menjadi wanita pertama yang memegang kekuasaan di Amerika Serikat setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Bidan mentransfer kekuasaan kepadanya selama 1 jam 25 menit.

Hal itu dilakukan karena Biden berada di bawah pengaruh bius untuk kolonoskopi sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin. Walaupun sebentar, Harris menjadi wanita pertama yang pernah berkuasa di Amerika Serikat. Dia juga mencetak sejarah sebagai wakil presiden wanita pertama.

Dilansir media, Sabtu (20/11/21) Kantor pers Gedung Putih mengatakan, surat resmi kepada Kongres yang menyatakan pemindahan kekuasaan sementara dikirim pada pukul 10.10 waktu setempat (15.10 GMT). Presiden melanjutkan tugasnya pada pukul 11.35 (16,35 GMT).

Baca Juga:Aduh! Kentut Presiden Joe Biden Bikin Heboh

Sekretaris Pers Jen Psaki dalam akun Twitternya menulis bahwa Biden telah berbicara dengan Harris dan kepala stafnya dan “bersemangat.” Dia tetap berada di fasilitas kepresidenan di rumah sakit Walter Reed untuk menyelesaikan “cek fisik rutinnya.”

Menjadi orang tertua yang memegang kursi kepresidenan dalam sejarah AS, Biden masuk menjalani pemeriksaan medis pada malam ulang tahunnya yang ke-79. Gedung Putih mengatakan hal itu sebagai pemeriksaan fisik tahunan rutin. Pemeriksaan ini adalah yang pertama bagi Biden sejak menjabat sebagai Presiden sejak Januari.

Meskipun pemerintah menekankan bahwa tidak ada yang aneh dalam kunjungan ke rumah sakit, kepergian Biden dengan iring-iringan mobil dari Gedung Putih Jumat pagi diumumkan pada menit terakhir. Lantaran Biden dibius selama kolonoskopi, dia harus menyerahkan kekuasaan di bawah konstitusi. Dengan demikian, Kamala Harris (57), untuk sementara bertanggung jawab atas angkatan bersenjata AS dan gudang senjata nuklir.

“Sambil memegang kendali presiden sementara, Kamala Harris terus bekerja dari kantornya di Sayap Barat,” kata Psaki.

Baca Juga:Keluarga Joe Biden Bersedih karena Kematian Anjing Kesayangan

Psaki menyebut bahwa pemindahan kekuasaan sementara yang serupa, mengikuti proses yang ditetapkan dalam Konstitusi, telah dilakukan ketika presiden George W Bush menjalani prosedur yang sama pada tahun 2002 dan 2007.

Psaki mengatakan bahwa “ringkasan” tertulis temuan dari tes kesehatan presiden akan dirilis “sore ini.” Setiap detail tentang kesehatan Biden pasti akan diawasi dengan ketat, mengingat spekulasi apakah dia akan mempertahankan niatnya untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua pada 2024 mendatang.

Biden berjanji sebelum pemilihannya setahun lalu, untuk benar-benar transparan tentang semua aspek kesehatannya. Sementara itu, Biden telah divaksinasi Covid-19. Dia juga sudah menerima suntikan booster pada bulan September lalu.

Setelah kembali dari rumah sakit, Biden akan berpartisipasi dalam kebiasaan tahunan, yaitu memberikan “pengampunan” presiden kepada seekor kalkun, di mana ayam itu dibebaskan dari makanan Thanksgiving minggu depan. Biden kemudian akan terbang pada akhir pekan ke rumah keluarganya di Delaware. Di sana dia akan merayakan ulang tahunnya hari Sabtu waktu setempat.(antara/hm12)

Related Articles

Latest Articles