13.9 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Banjir di Kaki Himalaya Akibat Danau Glasial Meluap, 14 Tewas dan 102 Hilang

Anggota parlemen negara bagian GT Dhungel mengatakan kepada Reuters bahwa bensin dan solar telah menjadi langka di ibu kota negara bagian Gangtok, meski makanan masih mudah.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional India tahun 2020, danau glasial semakin berkembang dan berisiko besar bagi infrastruktur di hilir dan kehidupan, seiring melelehnya gletser di Himalaya akibat perubahan iklim.

Baca Juga: Penghentian Bantuan AS akan ‘Menghancurkan’ Tentara Ukraina

“Sayangnya, ini adalah salah satu dari serangkaian banjir kilat mematikan yang melanda wilayah Hindu Kush-Himalaya pada musim hujan ini, yang membawa kenyataan kerentanannya terhadap perubahan iklim di wilayah ini menjadi sangat nyata,” kata Pema Gyamtsho, Direktur Jenderal International Centre for Integrated Mountain Development yang berbasis di Nepal.

Daerah pegunungan lain di India, serta sebagian Pakistan dan Nepal tetangga, telah dilanda hujan deras, banjir, dan tanah longsor dalam beberapa bulan terakhir, menewaskan puluhan orang.

Satu laporan oleh ilmuwan India National Remote Sensing Centre sepuluh tahun lalu telah memperingatkan kemungkinan danau meluap adalah sangat tinggi sebesar 42%. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles