15.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

AS Awasi Aktivitas Ruang Angkasa China Untuk Potensi Risiko

Beijing, MISTAR.ID

Amerika Serikat (AS) memantau dengan cermat aktivitas China yang berpotensi mengancam aset Amerika di luar angkasa karena puing-puing menumpuk dengan cepat di orbit rendah Bumi.

Demikian disampaikan Kepala Operasi Militer Amerika Serikat di luar angkasa, Jumat (9/12/22).

Komandan Angkatan Darat Komando Luar Angkasa AS, Jenderal James Dickinson, juga menyambut baik resolusi yang luar biasa di Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa negara-negara tidak melakukan uji antisatelit pendakian langsung yang menciptakan bidang puing ruang angkasa yang luas, yang membahayakan satelit dan stasiun ruang angkasa.

Baca Juga:Wah! Padi China Mekar di Luar Angkasa

Dari empat negara yang telah melakukan tes ASAT tersebut, Amerika Serikat adalah satu-satunya yang memberikan suara mendukung, sementara China dan Rusia memilih tidak, dan India abstain.

“Kami tidak dapat terus berkontribusi pada puing-puing yang kami temukan di domain luar angkasa,” kata Dickinson dalam konferensi pers telepon dengan wartawan di Asia.

“Sebagian besar puing-puing itu berada di orbit rendah bumi yang krusial, yang telah menjadi padat, kompetitif dan diperebutkan,” katanya.

Bahkan pecahan logam kecil pun bisa menimbulkan bahaya dan jumlah benda terus bertambah. Komando Antariksa sekarang melacak lebih dari 48.000 di orbit dekat bumi, termasuk satelit, teleskop, stasiun ruang angkasa, dan puing-puing berbagai ukuran, naik dari 25.000 hanya tiga tahun lalu.

China pada tahun 2003 menjadi pemerintah ketiga yang mengirim astronot ke orbitnya sendiri setelah bekas Uni Soviet dan Amerika Serikat. Programnya terus berkembang sejak saat itu.

Program luar angkasa China menuai kritik internasional setelah melakukan tes mendadak pada tahun 2007 di mana ia menggunakan rudal untuk meledakkan satelit China yang mati, menciptakan puing-puing yang terus menimbulkan bahaya.

Baca Juga:China Kirim Wanita ke Ruang Angkasa

“Beijing percaya bahwa ruang angkasa adalah bagian yang sangat penting tidak hanya untuk lingkungan ekonomi atau ekonomi global mereka. Tetapi juga lingkungan militer. Jadi kami terus mengawasinya dengan sangat cermat saat mereka terus meningkatkan kemampuan,” kata Dickinson.

Program rahasia China dijalankan oleh sayap militer Partai Komunis yang berkuasa, Tentara Pembebasan Rakyat, menghalangi partisipasinya di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau terlibat dalam sebagian besar bentuk kerja sama dengan NASA.

Melanjutkan dengan sedikit bantuan dari luar, China bulan lalu meluncurkan tiga modul terakhir untuk stasiun luar angkasanya sendiri, yang secara singkat menampung enam astronot China di luar angkasa selama pergantian awak tiga orang. Itu juga memiliki penjelajah di bulan dan Mars dan sedang merencanakan misi bulan berawak di masa depan.

Dengan ketegangan AS-Cina yang tinggi atas Taiwan, Laut Cina Selatan, perdagangan dan teknologi, ruang angkasa semakin menjadi titik nyala yang potensial.

Selain itu, Pentagon pekan lalu merilis laporan keamanan tahunan China yang memperingatkan Beijing kemungkinan akan memiliki 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035, dan tidak memberikan kejelasan tentang bagaimana rencananya untuk menggunakannya.

Baca Juga:Spanyol Tutup Beberapa Bandara Akibat Puing-puing Roket China

“China terus membangun kemampuan yang, sejujurnya, menahan sebagian besar aset kami dalam risiko di domain luar angkasa,” kata Dickinson.

Invasi Rusia ke Ukraina semakin menunjukkan ruang untuk menjadi “domain yang diperebutkan yang harus dilindungi. Itu adalah peran yang kami anggap sangat serius di Komando Luar Angkasa AS,” katanya.

“Saya benar-benar fokus pada tantangan kecepatan kami, China,” kata Dickinson, menggunakan deskripsi Beijing yang telah menjadi standar di Pentagon.

“Sikap bersatu sekutu dan mitra kami sangat penting dalam melawan paksaan dan subversi yang mengancam tatanan berbasis aturan internasional di Indo-Pasifik dan sekitarnya,” tambahnya. (channelnewsasia/hm12)

Related Articles

Latest Articles