23.5 C
New York
Sunday, June 23, 2024

3 Hilang dan 2 Pendaki Tewas di Gunung Everest

Nepal, MISTAR.ID

Sebanyak 2 pendaki dilaporkan tewas saat mendaki Gunung Everest, Kamis (23/5/24). Selain tewas, 3 lainnya dikabarkan masih hilang.

Mereka yang tewas adalah seorang pendaki asal Kenya, Joshua Cheruiyot Kirui (40). Sedangkan pemandunya asal Nepal, Nawang Sherpa (44) masih dinyatakan hilang sejak Rabu (22/5/24) pagi.

“Tim telah menemukan pendaki Kenya tewas di antara puncak dan Hillary Step, namun pemandunya masih hilang,” kata kepala departemen pariwisata di base camp, Khim Lal Gautam.

Pendaki yang tewas lainnya adalah Binod Babu Bastakoti (37). Ia meninggal pada ketinggian 8.200 meter pada hari yang sama.

Baca juga: Terpantau Asteroid Lebih Besar dari Gunung Everest Menuju Bumi

Sedangkan dua pendaki lainnya yang hilang adalah pendaki asal Inggris berusia 40 tahun dan pemandunya yang juga asal Nepal. Keduanya hilang kontak setelah tertimpa longsoran salju saat turun dari puncak Everest, Rabu (22/5/24).

Nepal telah mengeluarkan lebih dari 900 izin pendakian tahun ini, termasuk 419 izin untuk mendaki Gunung Everest.

Tiongkok juga sudah membuka kembali rute Tibet bagi wisatawan asing mulai tahun ini. Jalur Tibet akhirnya dibuka kembali setelah ditutup sejak 2020 karena pandemi Covid-19. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles