9.4 C
New York
Saturday, May 11, 2024

141 Warga China Tewas Akibat Banjir

Beijing, MISTAR.ID

Dipicu curah hujan yang sangat tinggi selama satu bulan belakangan ini, kawasan tengah dan selatan China dilanda banjir hingga menewaskan 141 orang.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (13/7/20), banjir juga menyebabkan sekitar 28 ribu rumah di China rusak. Banjir terjadi di sepanjang daerah yang dilalui Sungai Yangtze. Ketinggian air sungai meluap akibat curah hujan tertinggi dari yang terjadi pada setengah abad lalu.

Menurut Wakil Menteri Tanggap Darurat China, Zheng Guoguang, kawasan yang terdampak banjir termasuk Tibet dan Provinsi Otonomi Khusus Xinjiang.

“Sebanyak 38.73 juta penduduk dari 27 provinsi terdampak banjir. Nilai kerugian ditaksir mencapai sekitar 86.16 miliar Yuan (setara Rp178 triliun). Lebih dari 2 juta penduduk dievakuasi dan 516 ribu hektare lahan pertanian tidak bisa dipanen,” kata Zheng.

Baca juga: Terungkap, Cara China Tangani Corona Agar Tidak Meluas

Banjir juga membuat kegiatan ujian masuk perguruan tinggi di sejumlah kota di China terpaksa dijadwalkan ulang. Selain itu, sejumlah kawasan wisata juga sepi karena akses menuju lokasi terendam banjir.

Kerugian itu diperkirakan akan semakin memperberat ekonomi China yang saat ini anjlok akibat dampak pandemi virus corona. Provinsi Hubei yang juga dilalui oleh Sungai Yangtze juga terancam terendam banjir jika curah hujan masih tetap tinggi. Apalagi ibu kota Hubei, Wuhan, adalah pusat wabah virus corona.

Tim penyelamat dan evakuasi dari pemerintah saat ini sedang berkejaran dengan waktu untuk melakukan evakuasi penduduk dari kawasan bantaran kali. Mereka juga membuat tanggul darurat dan jalur aliran sungai alternatif untuk memecah volume sungai.

Baca juga: Kazakhstan Bantah China soal Wabah Lebih Mematikan dari Covid-19

Menurut Zheng, ketinggian air di 433 anak sungai Yangtze sudah jauh melebihi batas maksimum.  Curah hujan tinggi juga membuat ketinggian air sejumlah sungai besar dan danau di China juga meningkat. Antara lain Sungai Kuning di kawasan utara, Sungai Zhujiang di daerah selatan dan Danau Taihu di sebelah barat Shanghai.(cnn/hm07)

Related Articles

Latest Articles