29.4 C
New York
Sunday, June 23, 2024

Permohonan Dikabulkan, UNPRI Diminta Buka Data Dugaan Temuan Mayat

Medan, MISTAR.ID

Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sumatera Utara (Sumut) mengabulkan permohonan Rio Darmawan Surbakti terkait adanya dugaan penemuan mayat di kampus UNPRI pada Desember 2023 silam. Alhasil, permohonan data terkait mayat di UNPRI ini wajib diberikan kepada pemohon.

Permohonan Rio telah tercatat dengan register nomor 11/KIP-SU/S/III/2024. Adapun pengabulan permohonan ini diketahui oleh Majelis Komisioner yang Dedy Ardiansyah, Dr Abdul Harris, dan M Syafii Sitorus.

“Menyatakan permohonan informasi Pemohon merupakan informasi publik yang bersifat terbuka,” isi amar putusan dilihat, Rabu (5/6/24).

“Dua, mengabulkan permohonan informasi Pemohon untuk sebagian, yaitu permohonan informasi untuk poin 2, 3, 4, 5, dan 6 karena data ada dimiliki dan dikuasai oleh Termohon. Tiga, memerintahkan Termohon untuk memberikan informasi sebagaimana yang dimaksud pada paragraf diatas kepada Pemohon dalam bentuk fotokopi salinan setelah putusan ini berkekuatan hukum tetap,” sambung amar putusan itu.

Baca Juga : Polda Sumut Pastikan 5 Mayat di Kampus Unpri Cadaver

Secara terpisah, kuasa hukum pemohon, Kiki Fitri Magdalena Manurung dari Aliansi Advokat Sitop Hoaks, menyebut ada enam permohonan yang disampaikan dalam gugatan kali ini.

Permohonan pertama berupa data identitas mayat yang digunakan sebagai media belajar praktikum anatomi sejak Fakultas Kedokteran UNPRI berdiri. Kedua, jumlah mayat yang digunakan sebagai media belajar praktikum anatomi sejak Fakultas Kedokteran UNPRI berdiri.

Selain itu, UNPRI diminta untuk memberikan data perolehan asal usul mayat yang digunakan sebagai media belajar praktikum anatomi sejak Fakultas Kedokteran UNPRI berdiri. Kemudian data-data terkait penyebab atau riwayat kematian mayat yang digunakan sebagai media belajar praktikum anatomi sejak Fakultas Kedokteran UNPRI berdiri.

“Kelima data anatomi tubuh yang digunakan sebagai media belajar praktikum Fakultas Kedokteran sejak Fakultas Kedokteran UNPRI berdiri. Dan keenam, data tindakan terhadap mayat pasca digunakan sebagai bahan media belajar praktikum anatomi Fakultas Kedokteran sejak Fakultas Kedokteran UNPRI berdiri,” jelasnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles