28.9 C
New York
Friday, June 28, 2024

Pemilik Anjing yang Gigit Bocah Hingga Tewas Tetap Divonis 1,5 Tahun Penjara

Medan, MISTAR.ID

Terdakwa Eva Donna Sinulingga (52) divonis pidana penjara 1 tahun dan 6 bulan (1,5 tahun) oleh Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Medan dalam putusan banding. Eva selaku pemilik anjing peliharaan bernama Bogel yang menggigit seorang bocah berinisial MRA (10) hingga tewas itu, sebelumnya terlebih dahulu telah dijatuhi hukuman 1,5 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Majelis Hakim PT Medan yang diketuai Baslin Sinaga dalam putusan No 122/PID/2024/PT MDN meyakini terdakwa Eva telah terbukti bersalah menyebabkan luka-luka atau kematian karena kealpaan (lalai) sebagaimana dakwaan primer, yaitu Pasal 359 KUHP.

“Menguatkan putusan PN Medan No 1205/Pid.B/2023/PN Mdn tanggal 29 November 2023 yang dimintakan banding tersebut,” ujar Hakim dilihat Mistar di laman SIPP PN Medan, Minggu (11/2/24).

Baca Juga : Anjing Peliharaan Gigit Korban Hingga Tewas, Pemilik Dipenjara 1,5 Tahun

Kasus ini terjadi Kamis (10/6/21) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu, saksi Junedi Purba datang ke rumah terdakwa di Jalan Sagu Raya, Perumnas Simalingkar, Kecamatan Medan Tuntungan, untuk mengantar galon air minum isi ulang.

Kemudian terdakwa pun mempersilahkan saksi masuk ke pekarangan rumahnya. Lalu, saksi pun membuka gerbang dan masuk pekarangan.

Kemudian, tiba-tiba seekor anjing berwarna cokelat yang diberi nama Bogel sedang mengejar seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun berinisial MRA yang kemudian menggigit paha kanan bocah tersebut.

Melihat kejadian itu, saksi Lia Pratiwi langsung membawa korban ke bidan terdekat. Korban pun mendapatkan penanganan medis.

Keesokan harinya, ibu korban melarikan anaknya ke RSUP Adam Malik untuk mendapatkan suntikan vaksin rabies. Namun, sang anak tidak bisa ditangani karena vaksin rabies tidak ada (kosong).

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles