26.6 C
New York
Friday, August 9, 2024

Update: Total Rumah Terbakar di Jalan Flamboyan Raya Jadi 9 Unit

Medan, MISTAR.ID

Kebakaran yang terjadi di Jalan Flamboyan Raya, Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, pada Jumat (9/8/24) sore menghanguskan 9 unit rumah. Seluruhnya merupakan tempat usaha dan kos-kosan.

Masing-masing adalah toko kelontong Sinuraya milik Hendrik Ginting (47), bengkel sepeda motor milik Henardi Bagariang (40), rumah makan nasi Padang milik Erdi (45), 2 unit rumah yang dijadikan bengkel mobil milik Sadam Husein Rambe (36), laundry milik Madian Pinem (38), dan 3 unit rumah kos-kosan milik Rustina Sebayang (55).

Informasi diperoleh di lokasi, api diduga berasal dari rumah Henardi. Rumah tersebut merupakan bengkel sepeda motor.

Baca juga:Empat Rumah di Jalan Flamboyan Raya Dilalap Api, Tiga Unit Kendaraan Ikut Terbakar

Dikatakan warga, mesin pompa minyak pria yang juga berdagang minyak eceran itu terbakar. Sontak api dengan cepat membesar, dan menyambar mobil mini bus yang terparkir di dalam bengkel tersebut.

“Mesin pompa minyak dia terbakar. Nyambar ke mobil itu,” ujar warga sekitar.

Seketika api dengan cepat membesar dan membuat penghuni rumah panik. Beberapa karyawan bengkel mobil berupaya menyelamatkan ban dari lokasi usahanya. Sementara warga lain berupaya menyelamatkan diri dari belakang rumah.

Salah seorang warga sempat mengaku bahwa beberapa anggota keluarganya terjebak di dalam rumah.

Baca juga:Rumah Mewah Dua Lantai di Tasbi II Medan Terbakar

“Di dalam mamak sama kakak ku. Ini rumah kakak ku ngontrak,” ucap perempuan berbaju biru dalam keadaan panik.

Warga sekitar lokasi juga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Petugas pemadam kebakaran (damkar) tiba dengan 11 unit armadanya dan berhasil memadamkan api setelah 1 jam berjibaku.

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Medan, M Yunus ditemui di lokasi menyatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. “Korban jiwa maupun luka negatif,” jelasnya.

Dia juga menuturkan, bahwa pihaknya mengalami beberapa kendala saat berupaya memadamkan api.

Baca juga:Rumah Terbakar di Sibolangit, Penyandang Disabilitas Tewas Terpanggang

“Untuk kendala padatnya lalu lintas (lalin) pada sore hari dan untuk mencapai target agak terhambat. Namun lebih kurang 1 jam api dapat kami padamkan,” bebernya.

Lanjutnya, akibat peristiwa itu sebanyak 9 unit rumah terbakar dan beberapa unit kendaraan roda 2 dan 4 juga ikut terbakar.

“Penyebabnya nanti hasil investigasi tim kami dengan pihak kepolisian akan disampaikan,” tutupnya. (putra/hm16)

Related Articles

Latest Articles