24.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Tinjau Lokasi Kebakaran Lahan dan Hutan, Kapolres Samosir: Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan

Personel Polres Samosir, Polsek Harian, Koramil, BPBD Kabupaten Samosir dan Manggala Agni standby di lokasi untuk mencegah api menyebar ke pemukiman warga dan melakukan pemadaman api pada lokasi yang dapat dijangkau.

Api yang menghanguskan lahan perbukitan tersebut dapat dipadamkan pada Selasa (16/7/24) sekira pukul 11.00 Wib dan petugas gabungan masih berjaga untuk mengantisipasi timbulnya titik api baru.

Untuk mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan, AKBP Yogie Hardiman menyarankan pembuatan sekat-sekat kanal untuk pengaturan hidrologi air pada lahan gambut, yang dapat membuat tanah lembab dan tidak mudah terbakar serta mempersiapkan peralatan pemadam kebakaran dan penyediaan tempat penampungan air di titik-titik rawan kebakaran.

Baca juga : 100 Hektar Hutan Lindung di Samosir Terbakar

Kepada pemilik ternak, ia mengimbau agar menanam sendiri tanaman pakan ternaknya dan membiarkan tumbuhan muda tumbuh alami.

Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman juga menyerahkan satu unit perahu karet tipe Sillinger 470 kepada Polsek Harian untuk operasional jika terjadi bencana alam, yang diterima langsung Kapolsek Harian, Kompol Effendi. (josner/hm18)

Related Articles

Latest Articles