15.2 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Ternak Warga di Langkat Dimangsa Harimau, BKSDA Sumut Pasang Kamera Pengintai

Medan, MISTAR.ID

Seekor harimau Sumatera dikabarkan kembali masuk ke pemukiman dan memangsa ternak milik warga di Kabupaten Langkat. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut) dan Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL) serta tim gabungan pun akan memasang kamera pengintai.

Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BKSDA Sumut Andoko Hidayat mengatakan, pemasangan kamera dilakukan untuk memantau pergerakan harimau itu di lokasi kejadian. “Kamera trap akan kita pasang berdekatan atau di seputaran lokasi ditemukannya bangkai lembu dan tempat perlintasan harimau,” ujarnya, Jumat (4/2/22).

Andoko menyebutkan, peristiwa harimau memakan ternak itu terjadi di Desa Batu Jonjong, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Selasa (1/2/22) lalu. Saat ini, lanjut Andoko, tim gabungan masih berada di lokasi untuk bekerja melakukan penyidikan dan terus memantau pergerakan harimau Sumatera. “Tim kita masih di sana untuk memantau perkembangan dan mencoba menghalau agar harimau Sumatera tidak masuk ke pemukiman warga. Biar tim bekerja dulu, nanti kita sampaikan siaran persnya,” pungkasnya.

Baca juga: Harimau Sumatera yang Resahkan Warga Palas Akhirnya Tertangkap

Dikatakan, 12 lembu milik warga dimangsa. Sebelumnya, matinya lembu di Dusun 8, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, Kamis (8/4/21) lalu, menambah daftar panjang hewan ternak milik warga dimangsa satwa dilindungi jenis harimau. BKSDA Sumut mencatat, terhitung sejak Desember 2020 hingga 8 April 2021, sebanyak 12 ekor lembu telah dimangsa oleh Harimau Sumatera di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat.

Kasus harimau memangsa lembu di kawasan Langkat tercatat sejak Jumat (18/12/22) saat seekor lembu warga dimangsa harimau di Blok Hutan Sei Kelam wilayah Kerja Resort Bohorok, Langkat. Kemudian pada Senin (25/12/21)2 ekor lembu dimangsa harimau di Dusun Selayang, Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok, Langkat.

Sementara pada Rabu (6/1/21) 2 ekor lembu dimangsa harimau di Dusun Selayang, Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok, Langkat. Pada Jumat (8/1/21) 1 ekor lembu dimangsa harimau di Dusun Selayang, Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok, Langkat. Terbanyak terjadi pada Senin (11/1/21) 5 ekor lembu dimangsa di Dusun Batukatak, Desa Batu Jongjong, Kecamatan Bahorok, Langkat setelah sebelumnya Kamis (8/4/21) 1 ekor lembu dimangsa di Dusun 8, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Langkat. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles