16.1 C
New York
Thursday, May 30, 2024

Selama 7 Bulan, 69 Warga Jadi Korban Begal di Sumut  

Medan, MISTAR.ID

Mulai bulan Januari hingga 20 Juli 2023, Polda Sumatera Utara bersama Polres jajaran berhasil menangkap 119 orang bandit jalanan yang terlibat dalam kasus pencurian dengan kekerasan (curas) atau sering disebut begal.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, 119 pelaku curas ini ditangkap dari beberapa wilayah di Provinsi Sumut.

 “Selama Januari hingga 20 Juli 2023 ada sebanyak 119 tersangka. Ditangkap dari wilayah 6 Polres jajaran,” ucapnya, pada Selasa (25/7/23).

Baca juga: Polda Sumut Berikan Layanan Kesehatan dan Trauma Healing kepada Korban Begal

Dikatakan Hadi, seratusan bandit jalanan ini ditangkap karena terlibat 69 kasus curas di wilayah 6 Polres jajaran.

Diketahui 69 kasus curas itu terjadi di antaranya Polrestabes Medan 45 kasus, Polresta Deli Serdang 3 kasus, Polres Belawan 12 kasus, Polres Asahan 1 kasus, Polres Batu Bara 5 kasus, Polres Simalungun 1 kasus dan Polres Binjai 2 kasus.

Menurutnya, para pelaku curas ini melakukan aksi kejahatan terhadap 69 korbannya.

Baca juga: Sempat Dikabarkan Korban Begal, AKP Rachmat: Itu Korban Pengeroyokan Biasa

Hadi menyampaikan, Polda Sumut bersama Polres jajaran terus menekan angka kejahatan jalanan, khususnya curas. Disampaikan, jika pihaknya tidak ragu memberikan tindakan tegas dan terukur pada pelaku yang mengancam keselamatan warga maupun petugas.

“Sekali lagi saya tegaskan, kami tidak ragu memberikan tindakan tegas dan terukur,” katanya.

Sebelumnya, Polda Sumut meluncurkan 12 unit mobil patroli Perintis Samapta yang dilengkapi berbagai fitur berteknologi mutakhir dan modern.

Baca juga: Atasi Begal, Kasatpol PP Medan Akui telah Lama Berkolaborasi dengan APH

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, mobil ini diluncurkan untuk mengendalikan, memelihara dan menciptakan keamanan, serta kenyamanan bagi semua masyarakat di area publik.

“Mobil ini akan menjawab banyak hal situasi Kota Medan yang terus kita gali. Kami dari waktu ke waktu untuk mencari solusi terbaik, Kota Medan harus aman. 12 unit mobil sudah siap sampai 24 jam nanti. Mudah-mudahan 24 Kecamatan di Kota Medan ini tercover,” kata Agung usai peluncuran mobil itu, pada Senin (24/7/23). (saut/hm16)

Related Articles

Latest Articles