14.4 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Petugas Dinas Kesehatan Jemput Amora

Simalungun, MISTAR.ID

Melihat kondisi Amora Purba (6), bocah yang mengalami luka bakar dan tidak melanjutkan pengobatan karena keterbatasan biaya, pihak Dinas Kesehatan Simalungun langsung tanggap dan mengirimkan ambulans serta beberapa perawat, Jumat (11/2/22). Siswa kelas satu SD Negeri Tigarejo bernama asli Amora Rodimarito Purba Girsang itu pun langsung dibawa menggunakan ambulans untuk diberikan perawatan lanjutan.

Kepala Dinas Kesehatan Simalungun Edwin Simanjuntak menyampaikan bahwa Amora Purba dibawa ke RSUD Rondahaim. “Sesuai instruksi Bupati, kita harus cepat tanggap terhadap situasi di sekeliling kita, apalagi yang berkaitan dengan masalah kesehatan. Terkait masalah yang sedang dialami Amora Purba, kita sudah minta pihak RSUD Rondahaim untuk memberikan perhatian khusus. Kita akan tangani sampai sembuh,” kata Edwin Simanjuntak.

Diungkapkannya, tindakan tersebut merupakan bentuk empati dan kepedulian terhadap warga yang ditimpa musibah. “Dengan tindakan cepat ini, setidaknya kita sudah memberikan rasa nyaman kepada keluarga Amora Purba, terkhusus kepada bocah yang baru berusia 6 tahun tersebut,” kata Edwin Simanjuntak.

Baca Juga:Sedih! Wajah dan Tangan Bocah SD Asal Tiga Bolon Terbakar, Keluarga Tak Ada Biaya Berobat

Sebelumnya sudah hampir 2 Minggu Amora Purba terbaring lemas di kediamannya usai terkena musibah dan mengalami luka bakar. Warga Huta Sipinggan, Nagori Tigabolon, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, ini tidak dibawa ke rumah sakit karena keluarga tidak memiliki biaya perobatan.

Ayah korban, Sahat Taruli Purba Girsang (40) dan ibunya Juliana br Pandiangan (39) menerangkan, musibah yang menimpa Amora terjadi pada 30 Januari 2022. Saat itu beberapa anak, yakni T, R dan RM sedang bermain api untuk membakar jagung di halaman rumahnya.

Saat itu anak berinisial T sudah siap-siap menyiramkan minyak bensin ke arah api. Namun apes, minyak bensin tersebut juga mengenai badan Amora, sehingga api menyambar dengan cepat ke tubuhnya. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk memadamkan api, namun api tetap menyala dan membakar bagian wajah, tangan dan kaki Amora.

Baca Juga:Nadia Amira Bocah Penderita Kulit Melepuh, Akhirnya  Dirawat Di RSUD Batu Bara

Sebelumnya, orang tua Amora sempat meminjam uang untuk pembiayaan pengobatan anaknya, namun tidak cukup dan diputuskan untuk dilakukan perawatan di rumah dengan cara diinfus dan diolesi minyak tradisional.(ronald/rel/hm15)

Related Articles

Latest Articles