12.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Peras Sopir Taksi Online dan Bawa-bawa Nama Kodim, Pria Ini Diciduk Anggota TNI

Medan, MISTAR.ID

Seorang pria berbadan kurus nekad melakukan aksi premanisme dengan memeras sopir taksi online di depan Medan Mall Jalan MT Haryono, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan akhirnya dibekuk personel Kodim 0201/Medan.

SW (32) warga Jalan Bromo Kecamatan Medan Area yang sehari-hari berprofesi sebagai sopir angkutan kota (angkot) itu ditangkap, beberapa saat setelah melakukan pemalakan, Jumat (31/12/21) sore.

Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Hindratno Devidanto membenarkan anggotanya telah menangkap pelaku pemerasan yang aksinya sempat viral di media sosial (medsos) Instagram tersebut.

Baca Juga: Pelaku Pemerasan Terhadap Sopir Truk Diringkus

“Jadi ada masyarakat yang melakukan pungutan liar membawa-bawa nama Kodim 0201/Medan. Setelah berkoordinasi dengan Polrestabes Medan, akhirnya pelaku dapat kita amankan,” ujarnya, Sabtu (1/1/22).

Hindratno mengungkapkan, pelaku saat diperiksa mengaku tidak memiliki kerabat di Kodim 0201/Medan. Menurutnya, pengakuan itu hanya untuk melancarkan aksinya meminta sejumlah uang kepada korban.

“Dari pengakuan yang bersangkutan itu inisiatifnya sendiri mengatasnamakan Kodim 0201/Medan untuk mendapatkan uang saja,” katanya.

Baca Juga: Viral di Medsos, Pelaku Pungli Sopir Angkutan di Sergai Diamankan Polisi

Setelah diamankan, pelaku mengakui perbuatannya dan meminta maaf telah mencatut nama Kodim 0201/Medan. Hindratno mengatakan, saat ini yang bersangkutan sudah diserahkan ke Polsek Medan Kota.

“Jadi dia mengakui perbuatannya karena khilaf telah membawa-bawa nama TNI,” sebutnya.

Sementara itu, pelaku menyampaikan permohonan maafnya, karena telah melakukan tindak pemalakan terhadap masyarakat mengatasnamakan Kodim 0201/Medan.

Baca Juga: Pelaku Pungli di Dermaga Bagan Asahan Ditangkap

“Saya minta maaf lahir batin kepada Dandim 0201/Medan dan seluruh anggota atas kasus pemalakan yang terjadi di depan Medan Mall viral di media sosial. Saya berjanji tidak akan mengulangi lagi,” ucapnya.

Ikhwal Kejadian

Sebelumnya, aksi seorang pria di Kota Medan memalak sopir taksi online yang sedang membawa penumpang viral di media sosial. Pelaku marah-marah karena tidak diberikan uang dengan mengaku punya kerabat di Kodim.

Dalam rekaman video, terlihat pelaku marah-marah dan memaki sopir lantaran tidak memberikan uang yang dimintanya.

“Udah pak lari aja,” kata penumpang yang merekam kejadian tersebut. “Nggak bisa nanti bisa bahaya mobil kalau nggak dikasih (uang),” ucap sopir taksi menirukan ucapan si pemeras.

Tidak lama, preman yang mengenakan singlet putih itu mendekati sopir dan kembali mengancamnya jika tidak memberikan uang yang dimintanya “Kau dari tadi jangan cari gara-gara ya, apa ko,” ujarnya.

“Bos Ini asli bos ya, ini punya om ku yang di Kodim. Kalau kau mau dihargai, hargai juga orang,” ancamnya.

Sang sopir seketika langsung mengambil uang di dasbord mobil dan memberikan kepada si preman. Sebelum mobil pergi, preman tersebut juga sempat menghardik penumpang yang merekam video.

“Kelen (kalian) gak tahu kan aku ditandoi (dimintai) polisi sama dishub, gak kan? Nanti ku pecahkan.. kakak jangan pake handphone (merekam-merekam) kak,” ucapnya. (ial)

 

Related Articles

Latest Articles