23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pengungsi Afganistan Bakar Diri, IOM Koordinasi dengan RS Adam Malik

Medan, MISTAR.ID

Seorang pengungsi asal warga Negara Afghanistan yang nekat membakar diri di depan gedung Forum Nine Office Building di Jalan Imam Bonjol Kota Medan, kini mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan.

Kasubbag Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak membenarkan, kalau pasien bernama Ahmadsyah (22) itu dirujuk ke rumah sakit milik Kemenkes RI tersebut.

“Ya (benar), sedang dirawat,” ucap Rosa ketika dikonfirmasi, Jumat (3/12/21).
Namun, Rosa enggan memberikan penjelasan lebih lengkap lagi terkait pasien tersebut. Ia pun menyarankan agar konfirmasi lagi ke pihak IOM.

Baca Juga:Polisi Dalami Motif WN Afganistan Nekat Bakar Diri

“Untuk informasi mengenai pasien pengungsi yang sedang dirawat di RSHAM, silahkan hubungi IOM,” sebutnya. Wartawan mistar.id lalu mencoba menghubungi pihak International Organization of Migration (IOM).

Melalui National Media and Communication Officer, IOM Indonesia Ariani Hasanah Soejoeti menyebutkan, pihaknya sendiri sangat prihatin dengan kejadian aksi bakar diri yang dilakukan seorang pengungsi Afganistan tersebut.

“IOM sangat prihatin atas kejadian yang terjadi di Medan,” ujarnya. Saat ini, sambung dia, IOM sedang berkoordinasi dengan pihak rumah sakit terkait kondisi pasien bernama Ahmadsyah itu.

Baca Juga:Pria Bertato Tewas Dibakar Hidup-hidup di Langkat

“Saat ini kita terus berkoordinasi dengan pihak rumah sakit dan pihak terkait yang merawat luka korban,” jelasnya. IOM sendiri akan terus menyediakan program kesehatan, psikososial dan perlindungan untuk mendukung semua pengungsi di Medan dan di seluruh negeri.

Saat disinggung mengenai kondisi Ahmadsyah, Ariani enggan menjawabnya. “Nanti kita koordinasi lagi dengan pihak rumah sakit terkait kondisinya,” ucap dia.

Diketahui, seorang pengungsi asal warga Negara Afghanistan bernama Ahmadsyah (22) nekat membakar diri di depan gedung Forum Nine Office Building di Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (30/11/21) siang.(saut/hm10)

Related Articles

Latest Articles