30.1 C
New York
Wednesday, June 19, 2024

Pengungkapan Curanmor di Siantar, Pelaku Targetkan Kendaraan Tanpa Penutup Kunci

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Para pelaku pencuri kendaraan roda 2 selalu menargetkan sepeda motor yang tidak terkunci stang dan tidak memiliki penutup pada lubang kunci.

Selain itu, pelaku juga selalu melancarkan aksi nya, jauh dari tempat keramaian, dan selalu menargetkan kendaraan yang parkir sembarangan. Ini agar terhindar dari pantauan masyarakat dan penegak hukum.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Pematang Siantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, saat menggelar konferensi pers pengungkapan  kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Polres setempat, pada Kamis (31/8/23).

Baca juga: Pelaku Curanmor di Jalan Mandala Medan Denai Diburu Polisi

Dikatakan, modus itu terbongkar, setelah 2 pelaku curanmor berhasil diamankan Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Pematang Siantar beberapa waktu lalu.

Yogen menerangkan, modus para pelaku terlebih dahulu berkeliling kota, guna mencari target sepeda motor yang tidak memiliki penutup kunci. Begitu juga sepeda motor yang kunci kontaknya tertinggal di kendaraan roda 2 itu.

“Jadi mereka berkeliling kota, mengincar kendaraan tidak memakai penutup kunci stang. Lalu kendaraan yang kuncinya lengket di sepeda motor, itu lah incaran mereka,” terang lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2002 ini.

Kapolres juga menghimbau, agar masyarakat bisa semakin waspada dan hati-hati, serta diminta selalu memarkirkan sepeda motor di lokasi yang ramai, atau tempat yang difasilitasi CCTV.

Baca juga: Bemnus Datangi Polda Sumut Minta Serius Tangani Kasus Begal dan Curanmor

Mantan Kasat Reskrim Polres Metro Depok ini juga mengingatkan, agar tetap teliti untuk tidak meninggalkan kunci di sepeda motor.

Sebelumnya, Sat Reskrim Polres Pematang Siantar mengamankan 2 pelaku curanmor, bernama Hamdani Lubis dan Rendi Samuel Siahaan. Sebelum tertangkap, para pelaku telah 5 kali melancarkan aksinya di Kota Pematang Siantar.

Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti 2 unit sepeda motor merk Honda Beat. (roland/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles