11.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Pembunuh Mantan Anggota DPRD Langkat, Tersangka Sudah Seminggu Rencanakan

Medan, MISTAR.ID
Seminggu sebelum mengeksekusi mantan anggota DPRD Kabupaten Langkat, Paino (47), LS Ginting alias Tosa, telah merencanakan pembunuhan itu.

Direktur Reskrimum Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, pada tanggal 20 Januari 2023, Tosa merekrut eksekutor dan tiga pelaku lain untuk menghabisi nyawa korban.

“Tanggal 20 Januari 2023 itu mereka akan melakukan pembunuhan dengan menggunakan senjata jenis parang dan kapak. Namun tidak terlaksana karena lokasi korban di warung dan masyarakat cukup banyak di warung sehingga batal,” sebut Tatan didampingi Waka Polda Sumut Brigjen Pol Jawari, Senin (13/2/23).

Baca juga:Lima Pelaku Pembunuhan Mantan Anggota DPRD Langkat Ditangkap

Kemudian, pada tanggal 26 Januari 2023, para pelaku kembali merencanakan membunuh mantan anggota DPRD Langkat priode 2014-2019 itu. “Kemudian berlanjut di tanggal 26, di tanggal 26 itu sekira pukul 19:15 WIB tersangka itu dikejar menggunakan sepeda motor karena kecepatan korban cukup tinggi sehingga tidak dapat menembakan,” ungkap dia.

Pada tanggal 26 Januari 2023 malam, para pelaku kembali membuntuti korban hingga ke warung. “Kemudian pada saat di warung itu juga mau dilakukan penembakan namun karena warga ramai sehingga penembakan itu urung dilakukan dan mereka kembali ke gudang kosong milik saudara OG,” jelas dia.

Saat di gudang, sambung Tatan, para pelaku kembali merencanakan penembakan. Pelaku telah menyiapkan senjata api.

“Nah, disitu direncakan untuk penembakan berikutnya dan kembali disiapkan tim pemantau orang melintas. Kemudian disaat korban melintas tim pemantau melaporkan kepada tersangka LS Ginting dan LS Ginting menggunakan HT menyampaikan kepada joki bahwa korban akan melintas. Nah, ketika korban melintas ini dilakukan penembakan,” ucapnya.

Masih dia, selain kelima tersangka LS Ginting alias Tosa (26) warga Bukit Dinding Desa Besilam Bukit Lembasa Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat, D Bangun (38) warga Desa Timbang Jaya Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, P Sembiring (43) warga Desa Gunung Tinggi Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, MH alias Tio (27) warga Kelurahan Perdamaian Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat dan SY alias Tato (27) warga Kelurahan Bingai Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat, tidak tertutup kemungkinan ada tersangka lain.

Baca juga:Tiga Pelaku Penembakan Mantan DPRD Langkat Dikabarkan Ditangkap

“Kelima tersangka sedang diperiksa intensif, untuk tersangka lain masih kita kembangkan,” kata dia.

Diketahui, mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Langkat, Paino (47) tewas ditembak orang tak dikenal (OTK) saat melintas di Devisi 1 Desa Basilam BL, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Kamis (26/1/23).

Korban warga Dusun VII, Bukit Dinding, Desa Besilam Bukit Lembasa, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, tewas diduga karena mengalami luka tembak di bagian dada. (saut/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles