17.7 C
New York
Monday, July 1, 2024

Nagan Raya Diguncang Gempa 4,8 Magnitudo

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mencatat, telah terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 Magnitudo di wilayah Nagan Raya, Aceh, Jumat (22/9/23) pukul 02.58 WIB.

Episenter gempa terletak pada koordinat 4,03 LU dan 96,59 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 38 Km Tenggara, Kabupaten Nagan Raya – Aceh pada kedalaman 2 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar besar Sumatera pada segmen Batee,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho.

Hendro mengatakan, guncangan gempa dirasakan di Nagan Raya dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan ada truk lewat).

Baca juga: Gempa Bumi 4,7 Magnitudo Guncang Kepulauan Nias

Disebutkan, guncangan gempa juga dirasakan di Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ungkapnya.

Hendro juga memastikan hingga pukul 03.25 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa belum ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucapnya. (ial/hm20)

Related Articles

Latest Articles