20.5 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

Meski Dinilai Tak Sesuai Prosedur, Satpol PP Tetap Bongkar Bangunan Liar di Eks PTPN IV

Medan, MISTAR.ID

Satpol PP Kabupaten Deli Serdang membongkar sejumlah bangunan liar yang berada di bekas lahan PTPN IV di Jalan H. Anif, Desa Sampali pada Kamis, (30/5/2024). Sebanyak 6 titik bangunan liar pun diratakan.

“Kalau untuk hari ini ada enam titik,” Kabid Trantib Satpol PP Kabupaten Deli Serdang Jumino, Kamis, (30/5/2024).

Adapun bangunan liar yang dirobohkan berupa gudang. Jumino juga menuturkan jika penggusuran ini dilakukan setelah adanya pemberian surat peringatan dan undangan mediasi.

“Unit gudang (yang hari ini dibongkar). (Sebelum penggusuran) Dari mulai kita undang mereka. Dari SP satu dua tiga nggak direspon,” jelasnya.

Baca juga: Tanpa Perlawanan, Petugas PTPN II Kebun Bandar Khalifah Tertibkan Bangunan Liar

Sementara itu Ketua Kampung Kompak, Freddy Panjaitan, menyebutkan adanya pembongkaran ini tidak sesuai prosedur hukum. Dirinya menyebutkan juga bahwa adanya mafia tanah yang menunggangi aksi penggusuran.

Lebih lanjut Freddy menuturkan telah menyurati Satpol PP Deli Serdang untuk pengurusan surat-surat bangunan. Namun sayangnya pemerintah malah melakukan penggusuran.

“Kami juga sudah menyurati Satpol PP. Dan mereka menerima. Bukan harus main bongkar. Kami juga mau taat hukum negara,” aku Freddy.

Baca juga: Satpol PP Deli Serdang Bentuk 6 Tim Tertibkan Bangunan Liar

“Untuk mengurus IMB. Sudah kami buat. Jadi dengan ini kami sangat kecewa oleh perilaku Satpol PP,” lanjutnya.

Freddy juga menuding jika penggusuran tidak adil. Menurutnya sekitar wilayah penggusuran terdapat bangunan yang tak ikut dihancurkan.

“Kenapa gudang-gudang yang pendek gini ditanya IMB. Sementara ini bangunan-bangunan bagus, mewah, kenapa nggak dipertanyakan IMB-nya. Nggak menyeluruh. Tebang pilih,” jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah bangunan liar di bekas lahan PTPN IV di Jalan H. Anif, Desa Sampali menjadi objek penggusuran. Warga memprotes adanya penggusuran. (raja/hm17)

Related Articles

Latest Articles