15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Marak Penipuan Via Telepon, Kapolres Simalungun Imbau Masyarakat Fokus Terima Panggilan Tak Dikenal

Simalungun, MISTAR.ID

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald Sipayung memberikan himbauan kepada masyarakat terkait maraknya penipuan via telepon belakangan ini.

Ronald saat dikonfirmasi, pada Kamis (24/8/23), mengingatkan warga di Kabupaten Simalungun untuk selalu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan handphone (HP), serta platform sosial media (medsos).

Menurutnya, salah satu cara pelaku untuk melakukan penipuan adalah dengan mempengaruhi kondisi psikologi seseorang. Untuk itu, Ronald meminta agar masyarakat tetap fokus ketika menerima panggilan seluler dari orang tidak dikenal, atau kontak yang tak terdaftar di penyimpanan HP.

Baca juga: Penipuan Lewat Online, Ketua DPRD Simalungun Diminta Kirim Akomodasi Rp 49 Juta

“Caranya dengan membuat kita sedih, serta gembira yang berlebihan, sehingga tidak bisa berpikir logis dan rasional,” kata orang nomor 1 di Polres Simalungun ini.

Dilanjutkan, jika ada pelaku yang mencoba melakukan penipuan, maka harus bijak melakukan tindakan yang diperintahkan.

“Ambil waktu sesaat untuk menelaah, menilai, jangan terburu-buru dan berpikirlah dengan logis dan rasional atas apa yang diminta si pelaku,” ucap Ronald.

Baca juga: Pelaku Penipuan dengan Modus Pinjam HP Driver Taksol Diamankan Satpam Thamrin Plaza

Selain itu, ia juga meminta masyarakat harus melakukan ‘cross check’ dengan pihak-pihak yang terkait saat menerima telepon.

“Karena biasanya salah satu modus adalah, pelaku itu pasti mengaku-ngaku dan menjual nama seseorang, perusahaan maupun institusi. Jadi untuk memastikan keamanan, dianjurkan untuk menelepon pihak yang bersangkutan,” imbuhnya. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles