14.5 C
New York
Sunday, October 13, 2024

Banjir di Langkat, Rendam Ratusan Rumah dan 25 Hektar Lahan Pertanian

Langkat, MISTAR.ID

Intensitas hujan yang tinggi sejak dua hari terakhir membuat aliran Sungai Besitang yang ada di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat meluap, Sabtu (12/10/24).

Banjir terparah melanda Desa Sekoci. Tim gabungan yang mengetahui banjir langsung membantu warga dan mengevakuasinya.

Air sendiri memasuki pemukiman warga mulai pukul 7.00 WIB, dan terus naik hingga mencapai satu meter. Warga pun kemudian berusaha menyelamatkan diri dan barang-barang berharga mereka.

Baca juga:Banjir Langkat, Brimob Polda Sumut Bantu Antar Anak Sekolah

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat, banjir terjadi di lima dusun yakni Dusun Sejambu dengan jumlah rumah terdampak 190 Kepala Keluarga (KK). Dusun Sidodadi 196 KK, Dusun Pante Pulo 90 KK, Dusun Sukarame 20 KK dan  Dusun Sekoci 25 KK.

Selain merendam ratusan rumah warga, banjir luapan Sungai Besitang juga merendam sejumlah fasilitas umum yakni dua sekolah dasar negeri, dua masjid dan dua mushola .

Kepala pelaksana harian (Kalaksa) BPBD Langkat M. Ansyari menyatakan banjir juga merendam lahan pertanian lebih kurang 25 hektar.

Baca juga:Banjir Bandang di Langkat, 7 Wisatawan Terseret ke Sungai

“Petugas BPBD Langkat sejak malam tadi sudah turun ke lokasi untuk membantu evakuasi warga yang terdampak. Kita juga telah memberikan bantuan berupa beras mie instan dan air mineral,” ujar Ansyari.

Banjir yang melanda Kecamatan Besitang diperkirakan belum akan surut mengingat intensitas hujan di Langkat masih terus terjadi.

BPBD Langkat masih terus menyiagakan petugasnya di lokasi hingga banjir surut. (endang/hm17)

Related Articles

Latest Articles