19.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Kawasan Pemandian Air Panas Pariban di Karo Dilanda Banjir

Karo, MISTAR.ID

Pemandian Air Panas Pariban, Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) dilanda banjir, Selasa (7/5/24) siang.

Informasi dihimpun, banjir terjadi setelah sungai kecil yang berada di sekitar lokasi meluap akibat diguyur hujan deras.

“Benar ada banjir di Pariban siang tadi, jadi di sekitar pemandian tersebut ada sungai kecil dan ada luapan yang saluran atau parit itu tidak bisa menampung sehingga meluap ke pemandiannya,” kata Kadispar Karo, Munar Ginting, mengutip detiksumut, Selasa (7/5/24).

Baca juga: DPRD Toba Dapil I Tinjau Galian C Ilegal di Desa Siboruon

Munar menjelaskan, banjir diakibatkan kemampuan penyerapan air berkurang di kawasan itu, lantaran kawasan hutan telah banyak ditebang.

Sepengetahuan saya baru sekali ini terjadi dan tadi terjadi hanya sebentar,” lanjutnya.

Tidak ada korban jiwa atau kerusakan akibat banjir di objek wisata tersebut. Saat ini, pemandian tersebut sudah dapat dikunjungi kembali.

“Nggak ada kerusakan baik dari bangunan ataupun korban jiwa, saat ini pemandian Pariban sudah bisa kembali dikunjungi,” kata Munar.

Baca juga: Setelah Sebulan, Pencuri Motor Berusia 19 Tahun Akhirnya Ditangkap

Meski sudah dapat dikunjungi, Munar tetap mengimbau wisatawan agar lebih berhati-hati saat berwisata, terutama di alam seperti sungai atau perbukitan.

“Kita imbau wisatawan untuk dapat jeli dan waspada apabila terjadi hujan, misalnya saat di sungai ada perubahan air mengalir seperti naik debit ataupun ranting dedaunan tampak rendah,” imbaunya.

Jika tanda-tanda seperti itu terlihat, Munar meminta agar masyarakat segera meninggalkan lokasi. (mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles