12.7 C
New York
Monday, May 13, 2024

Ini Tujuan Sat Polairud Tanjung Balai Aktif Patroli Perairan

Tanjung Balai, MISTAR.ID

Sat Polairud Polres Tanjung Balai mengamankan 1 unit kapal ikan tanpa nama dan tanda selar di Perairan Tanjung Balai, pada Minggu (14/1/24) sekitar pukul 04.27 WIB.

Kapolres Tanjung Balai, AKBP Yon Edi Winara melalui Kasat Polairud, AKP M Tanjung mengatakan, kapal dimaksud diamankan setelah dilakukan pengejaran oleh petugas.

Tanjung menuturkan, pada saat patroli, petugas melihat 1 unit kapal datang dari arah laut menuju Perairan Tanjung Balai. Petugas pun melakukan pengejaran dan berhasil menghentikan kapal tersebut.

Baca juga:Sat Polairud Tanjungbalai Temukan Kapal Tanpa Nama dan Surat

Dari hasil pemeriksaan, diketahui kapal tidak memiliki nama dan tanpa tanda selar. Kapal bermuatan fiber berisi ikan dan dinakhodai oleh Painok dengan 2 orang anak buah kapal (ABK).

“Petugas tidak menemukan barang ilegal atau yang melanggar hukum dari kapal tersebut. Namun, kami memberikan himbauan kepada nahkoda agar segera mengurus dokumen kapalnya, memeriksa body dan mesin sebelum berangkat ke laut, selalu waspada, menjaga keselamatan berlayar dan bekerja di laut, serta membawa life jacket, ring buoy, P3K maupun alat navigasi di atas kapal,” kata Tanjung.

Dikatakan Tanjung, petugas melakukan patroli perairan pada malam hingga pagi hari untuk mencegah masuknya barang ilegal, narkoba, ball press, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan barang yang dilarang keluar atau masuk melalui wilayah hukum (wilkum) Polres Tanjung Balai. (saufi/hm16)

Related Articles

Latest Articles