19 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Banjir Bandang Terjang Kawasan Gunung Marapi, 1 Orang Hilang

Agam, MISTAR.ID

Banjir bandang menyapu kawasan sekitar Gunung Marapi, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (11/5/24) malam. Akibatnya, jalan utama yang menghubungkan Kota Padang dan Bukittinggi lumpuh total.

Banjir bandang ini terjadi di beberapa kecamatan di Agam dan Tanah Datar yang memiliki sumber air dari Gunung Marapi.

“Iya, banjir melanda kawasan di sekitar Gunung Marapi sejak pukul 23.00 WIB. Itu terdampak beberapa kecamatan di Agam dan Tanah Datar. Saat ini hujan masih berlangsung,” kata Kapolres Padang Panjang AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, dilansir detikSumut, Minggu (12/5/24).

Baca juga: Kawasan Pemandian Air Panas Pariban di Karo Dilanda Banjir

Kartyana menjelaskan, banjir telah mengakibatkan jalan utama yang menghubungkan Padang-Bukittinggi lumpuh total. Beberapa area di Lembah Anai juga mengalami longsor dan jalan-jalan retak.

“Saat ini jalan di Lembah Anai kita tutup. Jadi pengendara tidak bisa melewati jalan Padang-Bukittinggi untuk saat ini. Selain itu sepanjang jalan ada beberapa longsor dan jalan retak di Agam dan Tanah Datar,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan Kartyana, banjir ini juga telah menghanyutkan satu jembatan. Selain itu satu warga dilaporkan hilang terbawa arus banjir.

Baca juga: Banjir Ketinggian 3 Meter Landa Luwu Menewaskan 14 Orang

“Kami masih mengumpulkan data terkait hal ini,” tambahnya.

Kartyana menjelaskan, pihaknya bersama BPBD sedang melakukan evakuasi warga di beberapa daerah yang terkena dampak banjir bandang.

“Kami belum bisa memastikan kecamatan mana saja yang terkena dampak banjir malam ini,” pungkasnya. (detik/hm22)

Related Articles

Latest Articles