16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

5 Nelayan Asal Batubara Ditahan di Malaysia, Keluarga Berharap Dapat Dipulangkan

Batubara, MISTAR.ID

Sebanyak lima orang nelayan asal Kabupaten Batubara Sumatera Utara, (Sumut) tertangkap dan dipenjara di Malaysia, sejak 10 hari Kapal Rezeki Bersama 3.

Lima nelayan tersebut yakni Joni warga Simodong Desa Pakam Raya, Mhd Fadli /Hendrik warga Dusun Sono, Desa lalang , Hariansyah yang merupakan warga Dusun Merdeka Desa Lalang dan Muhammad Ayub (31) warga Dusun Tasak Lama Desa lalang serta Alfin Ramadhan Dusun Sono Desa lalang.

Kelima ini merupakan warga Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara. Mereka ditangkap oleh APMM malaysia di daerah Lumut (Perak) Malaysia saat mencari ikan di laut.

Baca juga:Ditahan 11 Bulan Di India, 28 Nelayan Asal Aceh Dipulangkan

Keluarga para nelayan saat ini sangat berharap agar mereka bisa segera dipulangkan. Hal ini mereka sampaikan saat ditemui oleh pihak TNI AL melalui Babinpotmar Posal Kuala Tanjung Serka Mastan pada Selasa (15/11/22).

Ibu korban Atmah (51) warga Kabupaten Batubara menyampaikan kepada wartawan bahwa anaknya 10 hari tidak dapat kabar keberadaan kemarin. Kami ketahui beliau melaut menjadi nelayan mencari ikan.

Setelah mendapat kabar, saya terkejut dan sedih mendengar bahwa anak saya Muhamad Ayub ditangkap di Malaysia saat Babinpotmar Posal Kuala Tanjung datang untuk melaksanakan koordinasi.

“Saya berharap anak kita dapat dikembalikan ke Indonesia, berharap Pemerintah, Pemkab Batu Bara Pak Zahir dapat menolong,” kata Atmah.

“Pak Presiden RI, Ir.Joko Widodo kami minta tolong pak, anak kami dapat dibantukan pulang ke Indonesia. Anak kami hanya Nelayan mencari ikan di laut untuk menghidupi saya dan keluarganya,” ujarnya lagi.

Baca juga:Nelayan Dapat Uang Pensiun, Program Baru Menteri Trenggono

Sementara itu, Komandan TNI Angkatan Laut Lanal TBA Letkol Laut (P) Aan Sebayang dikonfirmasi Mistar.id melalui Danposal Letda Laut (E) Muh Sunoto membenarkan laporan tersebut. Pihaknya berkoordinasi dengan Kepala Dinas (Kadis) Perikanan dan Kelautan Kabupaten Batubara tentang keberadaan nelayan tersebut.

“Kita Posal Kuala Tanjung berkoordinasi dengan kepala Dinas Perikanan Kabupaten Batubara,” sebut Letda Laut (E) Muh Sunoto.(Saufi/hm06)

Related Articles

Latest Articles