15.2 C
New York
Thursday, May 16, 2024

5 Kali Beraksi, Pelaku Jambret Mahasiswi UINSU Nyaris Dimassa Warga Tanjung Morawa

Deli Serdang, MISTAR.ID

Setelah lima kali beraksi, Sunandar (33) pelaku jambret akhirnya berhasil diamankan personel Satlantas Polresta Deli Serdang. Ia diamankan usai menjambret seorang mahasiswi UINSU, Rabu (7/7/21). Warga Jalan Irian, Kelurahan Tanjung Morawa Pekan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang ini diamankan saat petugas melakukan patroli.

Informasi dihimpun, pelaku spesialis jambret tersebut diciduk usai beraksi menjambret tas sandang hitam milik Rizky Dina (21) warga Desa Perdamean, Kecamatan Tanjung Morawa. Saat itu Rizky bermaksud pergi ke kampusnya di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dengan mengendarai sepedamotor Honda Vario miliknya.

Pelaku melakukan aksinya di bawah Fly Over Suzuya Tanjung Morawa. Setelah menarik tas korban, pelaku melarikan diri ke arah Tanjung Morawa. Sadar dijambret, Rizky bukannya takut. Dia langsung menjerit sekuat-kuatnya. Beruntung, teriakannya memancing perhatian warga dan pengguna jalan lainnya.

Baca Juga:Pelaku Jambret Ditembak Petugas Polresta Deli Serdang

Mobil pick up hitam mengejar pelaku. Petugas Sat Lantas yang sedang berpatroli begitu mengetahui adanya kejadian jambret langsung melakukan pengejaran. Petugas menyenggol sepedamotor pelaku sedikit hingga membuatnya terjatuh. “Pelaku diamankan di sebelah Rumah Makan (RM) Wong Rame Tanjung Morawa,” kata Kasat Lantas Polresta Deli Serdang Kompol SL Widodo kepada wartawan di depan gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Deli Serdang, Rabu (7/7/21).

Mantan Kabag Ops Polres Simalungun tersebut mengatakan, meski sudah jatuh, pelaku bukannya menyerah. Dia kembali melarikan diri dan berhasil ditangkap di jembatan PTPN2 Tanjung Morawa. “Setelah terjatuh, dia terus lari. Petugas mengejar dan akhirnya dapatnya di jembatan PTPN2. Kemudian kita kumpulkan semua di Rumah Makan Wong Rame, terus kita bawa ke Polresta Deli Serdang,” terang Widodo.

Massa yang sudah berkumpul di lokasi berusaha ingin menghakimi pelaku. Untungnya personel Satlantas tanggap dan bisa mengamankan pelaku hingga dibawa ke Mapolresta Deli Serdang di Lubuk Pakam. “Hampir dimassa karena warga sudah berkerumun. Tapi berhasil kita amankan dan membawanya ke Polresta,” katanya.

Baca Juga:Polsek Sunggal Bekuk Dua Pelaku Jambret

Saat dalam perjalanan dari lokasi ke Mapolresta, pelaku yang diinterogasi polisi mengaku aksi yang dilakukannya merupakan yang kelima kalinya. “Ketika di mobil patroli mau kemari (Mapolresta Deli Serdang), pelaku mengaku sudah beberapa kali beraksi. Tiga atau empat kali. Termasuk penjambretan dengan kerugian korban sebesar Rp30 juta. Dia ini selalu berdua mainnya. Makanya ini biar ditangani sama Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim),” beber Widodo yang ikut turut mengejar pelaku.

Sementara anak buah Widodo yang lainnya ikut menangkap pelaku adalah Aiptu Parningotan Hutabarat dan Bripka Alex Sipahutar. Sunandar yang diinterogasi petugas SPKT mengaku baru pertama kali melakukan aksinya. “Baru sekali Pak,” jawabnya.

“Ah, bohong aja kau!” sergah petugas. Setelah ditanya soal identitasnya, pelaku dibawa dua personel Satreskrim ke gedung Satreskrim untuk diproses hukum.
Sementara Rizky membuat pengaduan di SPKT Polresta Deli Serdang. Rizky Dina tampak syok dengan kejadian yang menimpa dirinya. Ia pun terlihat menangis sedih. Kepada polisi Rizky menuturkan saat itu dirinya hendak berangkat ke kampusnya di UINSU.

Baca Juga:Diteriaki Warga, Dua Pelaku Jambret Kabur, Warga Sebut Jalan Rajamin Purba Siantar Tidak Aman

“Naik Honda Vario. Dari Penara mau ke kampus. Terus kejadian lah seperti ini,” jelasnya singkat. Sambil memangku tas yang gagal dijambret pelaku, Rizky mengatakan tas itu berisi dompet dan hape, buku serta pulpen. Selain pelaku, polisi juga membawa Yamaha Mio merah hitam BK 5123 NDY milik pelaku. Di plat BK-nya terdapat tulisan Brigadir. (sembiring/hm12)

Related Articles

Latest Articles