25.2 C
New York
Monday, June 24, 2024

3.121 Warga Mengungsi Akibat Banjir Konawe

Konawe Utara, MISTAR.ID

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sedikitnya 3.121 warga yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengungsi akibat banjir yang menerjang wilayah tersebut pada, Sabtu (11/5/24).

“Data yang kami terima menunjukkan bahwa sebanyak 923 keluarga atau 3.121 warga terdampak dan 729 rumah terendam banjir,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Minggu (12/5/24).

Abdul Muhari mengungkapkan, sebagian warga dilaporkan telah mengungsi secara mandiri. Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Utara masih dalam proses pencatatan jumlah warga yang mengungsi.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Kawasan Gunung Marapi, 1 Orang Hilang

“Dampak banjir juga berujung pada kerugian materiil, termasuk 729 unit rumah dan 327,7 hektar lahan pertanian serta perkebunan yang terendam,” jelasnya.

Dia juga menambahkan bahwa akses jalan di Desa Sambandete, Kecamatan Oheo, terendam banjir hingga ketinggian satu meter pada, Sabtu (11/5/24). Hal ini mengakibatkan putusnya akses mobilitas warga dan dua mobil tronton terbawa arus banjir yang deras.

“Selain itu, banjir juga mempengaruhi beberapa fasilitas umum, termasuk dua fasilitas ibadah yang terendam, satu jembatan yang terdampak, dan satu sekolah dasar di Desa Laronganga,” tambah Abdul Muhari. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles