20.5 C
New York
Friday, May 10, 2024

Uang Rp75.000 Muncul Di Video, Ini Tanggapan BI Beserta Videonya

Jakarta, MISTAR.ID
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko menegaskan, BI tidak membuat konten AR di UPK75 ataupun di uang Rupiah lainnya. “AR tidak termasuk dalam ciri uang Rupiah yang diedarkan Bank Indonesia,” tegas Onny, Sabtu (26/9/20).

Hal ini menanggapi mengenai mengenai teknologi augmented reality (AR) di uang edisi khusus Rp75.000. Dan ini disampaikan karena dunia maya dihebohkan soal “video tersembunyi” di uang edisi Rp75.000

Diterangkannya, BI akan mempelajari lebih lanjut mengenai penggunaan AR di UPK75. “Namun kami mengingatkan masyarakat/pengembang aplikasi untuk berhati-hati dalam memperlakukan uang Rupiah, karena uang Rupiah dilindungi oleh UU. Masyarakat juga dilarang untuk merusak atau merendahkan sesuai pasal 25 (UU Mata Uang),” tegasnya.

Baca Juga:BI Wilayah Sumut Distribusikan 4 Juta Lembar Uang Pecahan Rp75.000

Sebelumnya dunia maya heboh soal video tersembunyi di uang baru Rp75.000. Untuk membuka video ini, tak bisa dengan mata telanjang, melainkan lewat sebuah aplikasi bernama Ivive. Caranya adalah membuka aplikasi Ivive lalu akan terbuka layar seperti layaknya kita mau mengambil foto/video di smartphone.

Sumber video: WA Grup

Lalu arahkan camera ke arah uang baru edisi khusus Kemerdekaan RI 75 Tahun. Dalam hitungan detik, maka akan muncul video lagu Indonesia Raya. Ivive sendiri adalah perusahaan yang berbasis di Vienna, Austria. Ivive merupakan Aplikasi augmented reality (AR) yang memungkinkan seniman menambahkan dimensi digital pada barang fisik.

Sebuah unggahan video menampilkan percobaan uang pecahan Rp75.000 yang di-scan kemudian memunculkan video paduan suara menyanyikan lagu “Indonesia Raya” viral di media sosial pada, Sabtu (26/9/20).

Baca Juga:Sampai Agustus 2020, BI Temukan 4.239 Lembar Uang Palsu di Sumut

Diketahui, video tersebut diunggah oleh akun Twitter @repvblikvideo. “Lho…. kok bisa?” tulis akun @rebvblikvideo dalam twitnya. Dalam video berdurasi 15 detik ini, dimunculkan cara men-scan uang pecahan Rp75.000 dengan aplikasi Ivive pada ponsel.

Saat pengoperasian aplikasi, ponsel diarahkan menyorot uang Rp75.000, kemudian muncul video paduan suara yang menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. “Uang Rp75.000 HIDDEN TRICK!!! Watch till the end!!!” tulis perekam video.

Tak hanya itu, video berbeda muncul pada pecahan uang Rp100.000 yang dapat dilihat menggunakan aplikasi Ivive. Untuk pengoperasian aplikasi Ivive pada uang Rp100.000 ini diunggah oleh akun Twitter @WhySatriantoro.

Hingga kini, unggahan viral “hidden trick” pada uang pecahan Rp75.000 telah ditonton sebanyak 35.800 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 2.200 kali oleh pengguna Twitter lainnya.(cnbc/trb/hm10)

Related Articles

Latest Articles