11.9 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Program Makan Gratis Prabowo-Gibran Butuh Dana Rp1,2 Triliun Setiap Hari

“Pemerintah Prabowo-Gibran memutuskan untuk melakukan investasi besar-besaran terhadap sumber daya manusia (SDM) Indonesia, dan yang paling besar itu ada di makan bergizi gratis. Kalau nanti program ini sudah jalan menyeluruh, akan ada kurang lebih 30 ribu satuan pelayanan di seluruh Indonesia,” sebut Dadan.

Setiap satuan pelayanan, sambungnya, akan mengakomodir kebutuhan makan gratis dari 3.000 anak sekolah per kecamatan. Nantinya, akan ada tiga pegawai Badan Gizi yang ditugaskan di masing-masing satuan pelayanan.

Bos Badan Gizi itu mengatakan satuan pelayanan berbeda dengan dapur umum. Ini bukan sekadar tempat memasak makanan, termasuk juga offtaker dari produk pertanian lokal.

“Tahun depan (2025) minimal 5.000 satuan pelayanan. Awal (penyaluran makan gratis) 3 juta anak dulu, nanti naik 6 juta di April (2025), dan di Juli (2025) 15 juta,” ujarnya.

Baca juga : Susu Ikan Diusulkan Masuk Program Makan Bergizi Prabowo-Gibran, Bagaimana Perbandingan Nutrisinya dengan Susu Sapi?

Di daerahnya yang masak-masak itu, katanya, tergantung dari alat masak. Kalau alat masak tradisional itu butuh kurang lebih 45 orang-46 orang (per satuan pelayanan).

“Kalau asumsi tradisional, maka nanti akan ada peluang kerja baru 1,5 juta (orang) karena itu pegawai lokal, ibu-ibu, anak remaja, bapak-bapak,” tandas Dadan.

Diketahui, Badan Gizi Nasional menargetkan 30 ribu satuan pelayanan untuk menopang program ini. Mereka mematok seluruh satuan pelayanan bakal terbentuk paling lambat 2027 nanti. (cnn/hm18)

Related Articles

Latest Articles