17.6 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Menjelang dan Pasca Imlek, Harga Ikan Naik Hingga 30 %

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Menjelang dan pasca hari raya Imlek 2572/2021 Masehi, harga berbagai jenis ikan yang dijual di Pasar Dwikora Pematangsiantar, melonjak akibat pasokan berkurang.

Para pedagang mengatakan, harga ikan mulai naik sejak beberapa hari lalu (sebelum Imlek) hingga 30%, karena persediaan terbatas dari para pemasok yang membawa hasil tangkapan nelayan yang melaut.

Salah seorang pedagang ikan, Rusdi, menuturkan bahwa stok ikan sedikit sehingga harga ikan naik karena nelayan tidak berani melaut lantaran gelombang yang tinggi.

Baca Juga: Ekonomi Syariah Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi

“Ada yang bilang akibat gelombang laut tinggi, angin kencang, tidak aman ke laut kata agennya tadi. Sehingga para pelayanan hanya beberapa yang melaut,” ujarnya, Minggu (14/2/21).

la mengaku, sebelumnya ikan tongkol dijual dengan harga Rp20.000 per kilogram (kg). Namun sekarang menjadi Rp30.000 per kg. Begi juga pada ikan tongkol dewasa naik menjadi Rp. 35.000 per kg.

Adapun beberapa jenis ikan yang mengalami kenaikan, seperti ikan gembung, dencis, tegang ekor, udang, patin dan jenis ikan lainnya. Kenaikannya bervariasi  hingga Rp5.000 per kg.

Baca Juga: Tekanan Harga Ikan Teri dan Daging Babi Sebabkan Inflasi di Siantar

“Memang mahal modalnya, jadi kami pun juga jual mahal. Kasihan memang masyarakat karena mahal kita jualnya, apalagi kondisi sekarang masih corona. Jadi mau gimana lagi,” kata Sahrul.

Meskipun mahal, ucap dia, tetap aja diminati masyarakat. Sebab, mau tak mau pasti akan dibeli mereka juga. Biasanya ia bisa menjual sebanyak 500 – 700 kg ikan setiap hari. Namun sekarang stok terbatas, hanya bisa mendapatkan ikan dari para agen menjadi 400 kg saja.

Tak hanya pedagang, para pembeli yang umumnya kaum ibu-ibu ini pun mengeluh. Jika biasanya mereka membeli ikan dalam jumlah yang banyak, namun kini sejak harga ikan mahal, mereka mengurangi pembelian ikannya. Kendati demikian, sebagian warga juga tetap pasrah membeli ikan meskipun harganya mahal.

“Biasanya ikan tongkol bisa Rp20 ribu per kg yang kecil. Tadi, saya beli menjadi Rp30 ribu per kg. Mahal kali naiknya, tak jadi beli banyak lah, sekilo aja dulu, mungkin besok udah turun harganya,” Harap Minah (53) salah satu warga yang berbelanja ikan di pasar tersebut.(yetty/hm02)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles