Logo, Katalog dan Profil Perusahaan sangat Penting demi Kemajuan UMKM
![journalist-avatar-top](/_next/image?url=%2Fimages%2Fdefault-avatar.png&w=64&q=75)
![logo_katalog_dan_profil_perusahaan_sangat_penting_demi_kemajuan_umkm](/_next/image?url=https%3A%2F%2Ffiles-manager.mistar.id%2Fuploads%2FMISTAR%2F13-02-2025%2Flogo_katalog_dan_profil_perusahaan_sangat_penting_demi_kemajuan_umkm_2025-02-13_14-01-53_90.jpg&w=1920&q=75)
Pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Medan foto bersama usai mendapatkan pengarahan terkait pentingnya logo dan katalog produk. (f:susan/mistar)
Medan, MISTAR.ID
Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) wajib memikirkan dengan baik tentang pembuatan logo usaha, katalog produk dan juga profil perusahaan (company profile) demi kemajuan bisnisnya.
Memiliki ratusan UMKM dibawah binaannya, Bank Mandiri melalui Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Medan, berkomitmen mendorong dan mendukung melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).
Chief Financial Officer (CFO) Muda Rumah BUMN Medan, Edwin P Simanjuntak mengatakan, hal ini bertujuan guna memperkokoh wadah pengembangan UMKM di wilayah kerja perseroan.
“Kita memang sering arahkan pelaku UMKM terkait logo maupun katalog produknya. Ini tentu penting sebagai wajah atau ciri khasnya,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima, pada Kamis (13/2/25).
Baca Juga: OJK Soroti Lambatnya Pertumbuhan Kredit UMKM
Mentor INAMikro Sumut, Johan Simangunsong menyebutkan logo usaha akan membangun kesan pertama pelanggan dan juga pengenalan merek, yang juga akan membedakan produk seseorang dengan pesaingnya.
Katalog bisnis juga dinilai sama pentingnya sebagai alat pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan.
“Dan akan memberi kesan tentang citra yang profesional. Kemudian ditambah dengan company profile yang dapat meningkatkan kredibilitas dan juga menarik investor,” terang Johan di Rumah BUMN Medan.
Dengan memiliki profil perusahaan yang baik, lanjut Johan, dapat mempermudah pelaku UMKM berkolaborasi dan bernegosiasi dengan calon mitra bisnis.
Fasilitator Rumah BUMN Medan, Shintya Sibarani berharap setiap UMKM yang mereka bina akan semakin paham akan pentingnya beberapa poin ini untuk perkembangan bisnis.
“Kita akan terus fasilitasi, tapi pelaku UMKM juga harus terus memperkuat identitas merek agar dapat meningkatkan loyalitas dan kenyamanan pelanggan,” tuturnya. (susan/hm27)
![journalist-avatar-bottom](/_next/image?url=%2Fimages%2Fdefault-avatar.png&w=256&q=75)