13.2 C
New York
Friday, May 3, 2024

Kenaikan Harga Bawang dan Cabai Merah di Deli Serdang Dipicu Pasokan Berkurang

Deli Serdang, MISTAR.ID

Harga bawang merah dan cabai merah di pasar tradisional Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang kembali naik, pada Kamis (9/11/23).

Bawang merah yang sebelumnya 25.000 menjadi Rp 30.000 per kilogram. Bahkan, cabai merah dari Rp 60.000 melonjak hingga Rp 80.000 per kilogram. Sementara cabai kecil tetap bertengger di Rp 60.000 per kilogram.

“Memang hari ini bawang merah cabai merah sudah naik menjadi Rp 30.000 dan cabai merah 80.000 per kilogram. Kalau cabai kecil masih tetap Rp 60.000 per kilogram,” kata Irna, salah seorang pedagang.

Baca juga:Harga Cabai Rawit dan Cabai Merah Serentak Naik di Deli Serdang

Menurutnya, kenaikan harga kebutuhan dapur tersebut karena pasokan yang berkurang. Hal itu katanya disebabkan curah hujan yang cukup tinggi.

“Kata agen, karena curah hujan yang tinggi membuat harga naik. Makanya kebanyakan pelanggan kita membeli cabai atau bawang hanya seperempat kilogram saja,” paparnya.

Menurut dia, beberapa hari ke depan bukan tidak mungkin harga cabai dan bawang kembali naik.

Baca juga:Jelang Nataru, Harga Cabai Melambung Sedangkan Bawang Turun

Rani, salah seorang warga di sela-sela membeli cabai dan bawang juga mengeluhkan kenaikan tersebut. Ia juga mengaku, hanya membeli seperempat kilogram kedua jenis hasil pertanian itu.

“Gak tau lagi lah bang dengan harga bawang dan cabai saat ini. Kebutuhan pokok lainnya juga ikut naik. Makanya saya beli bawang dan cabai merah serta cabai kecil masing-masing seperempat kilogram saja,” ungkapnya.

Jika beberapa hari lagi harga bawang dan cabai serta kebutuhan pokok kembali naik, tambahnya, maka biaya kebutuhan hidup keluarganya ikut naik. Sementara penghasilan suaminya sebagai tukang bangunan tak mengalami naik. (rinaldi/hm16)

Related Articles

Latest Articles