20 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Kemenperin Siapkan Aturan Dekarbonisasi Industri Semen

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyusun peta jalan atau roadmap terkait dekarbonisasi industri semen yang akan dikeluarkan dalam bentuk Peraturan Menteri Perindustrian.

Direktur Industri Semen, Keramik, dan Pengolahan Bahan Galian Nonlogam (ISKPBGN), Putu Nadi Astuti mengatakan, penyusunan peta jalan bertujuan untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) dalam sektor industri, serta melakukan inventarisasi capaian penurunan emisi gas rumah kaca.

Putu mengatakan, pemantauan aksi mitigasi emisi karbon di industri semen ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk menyusun strategi, rencana aksi, dan target dekarbonisasi industri semen 2025-2050 yang bersifat kuantitatif dan terukur.

“Industri semen nasional mampu mencapai NZE pada tahun 2050,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (2/7/24).

Baca Juga : Tak Miliki Izin Industri, Ombudsman Sumut Minta Pemerintah Tutup Sementara PT GSA

Menurut Putu, beberapa fokus strategis dalam roadmap tersebut adalah penurunan rasio klinker terhadap semen, peralihan ke bahan bakar alternatif, efisiensi energi, pengembangan teknologi inovatif, dan pengembangan kebijakan pemerintah yang dapat mendukung program-program tersebut.

“Sebagai tindak lanjut dari implementasi dan untuk memperkuat legalitas roadmap dekarbonisasi industri semen nasional, kami berencana meningkatkan roadmap tersebut menjadi Peraturan Menteri,” katanya.

Nantinya, Peraturan Menteri dimaksud dapat menjadi landasan bagi produsen semen di Indonesia untuk mengembangkan roadmap dekarbonisasi masing-masing. Industri semen menjadi salah satu industri yang terus menunjukkan kekuatan dan peran signifikan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini terdapat 16 produsen semen yang terintegrasi dan memiliki total kapasitas produksi mencapai 120 juta ton per tahun (Mta). (bc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles