8.5 C
New York
Friday, October 11, 2024

Karyawannya Mogok Kerja Hampir 5 Pekan, Pabrikan Pesawat Gugat Serikat Pekerja

Sementara itu, serikat pekerja mengatakan pada Selasa lalu bahwa Boeing “bersikeras” untuk tetap berpegang pada proposal “terbaik dan terakhir” tentang kenaikan upah sebesar 30% selama empat tahun yang ditawarkannya bulan lalu setelah pemogokan dimulai.

Serikat pekerja menolak untuk mengajukan proposal tersebut kepada anggotanya untuk pemungutan suara dan mengatakan minggu ini pihaknya merencanakan survei baru terhadap anggota.

Boeing menyebut pada hari Selasa pihaknya telah menarik tawaran gaji terakhirnya kepada IAM setelah dua hari berunding dengan mediator federal, dengan alasan penolakan serikat pekerja untuk mempertimbangkan usulannya secara serius.

Boeing mencatat bahwa serikat pekerja kemudian mengakui bahwa perusahaan itu meningkatkan tawarannya, dengan presiden IAM 751 dan kepala negosiator Jon Holden mengatakan kepada Reuters pada Rabu perubahan yang diusulkan itu “sedikit”.

Baca juga : Karyawan Mogok Kerja, Produksi Samsung Terganggu

Adapun, hingga saat ini IAM belum menanggapi permintaan komentar terkait aksi Boeing tersebut. Sebanyak lebih dari 90% anggota serikat pekerja menolak tawaran kenaikan gaji sebesar 25% bulan lalu dan telah berupaya untuk mendapatkan kenaikan upah sebesar 40% serta pemulihan pensiun manfaat pasti yang telah disetujui untuk dilepaskan pada 2014.

Boeing mengatakan tetap berkomitmen untuk mencapai kompromi guna mengakhiri pemogokan, yang telah menghentikan produksi 737 MAX terlarisnya serta program pesawat berbadan lebar 767 dan 777 yang lebih lama.

Bulan lalu, IAM 751 mengajukan tuntutan praktik ketenagakerjaan yang tidak adil terhadap Boeing. Saat ini, belum ada hasil yang diumumkan terkait tuntutan IAM. (bisnis/hm18)

Related Articles

Latest Articles