20.7 C
New York
Monday, October 7, 2024

Harga Beras Naik Terus di Medan

Jika GKP tadi digiling menjadi beras dengan kadar air yang turun paling sedikit 14%. Dan dengan rasio gabah ke beras dalam rentang 48% hingga 60%. Maka harga pokok berasnya itu ada dikisaran Rp11.810 hingga Rp12.768 per kg.

“Harga tersebut belum menghitung biaya produksi hingga margin atau keuntungan pedagang. Meskipun untuk biaya produksi ini juga punya hitungan yang beragam. Kita misalkan beras yang dihasilkan tadi masuk dalam kategori  beras medium. Maka jika membandingkan harga beras medium mengacu kepada PIHPS saat ini berada dalam rentang Rp12.800 hingga Rp13.050 per kg. Jadi harga beras saat ini sebenarya masih mencerminkan kenaikan harga gabah di tingkat petani,” katanya.

Namun, pada petani di wilayah Sumut tidak dirugikan selama harga GKP tidak dibawah Rp5.000 per kg.

Baca juga : Harga Beras Kembali Naik Rp1.000 Hingga Rp3.000 per Karung

Lalu, jika membandingkan harga beras awal tahun 2023 hingga hari ini, maka telah terjadi kenaikan harga beras untuk semua jenis di Sumut dalam rentang 6.2% hingga 9%.

“Namun kedepan, seiring dengan program pemerintah yang akan memberikan bantuan sosial dalam bentuk beras periode oktober hingga desember 2023, maka demand atau permintaan beras di pasar diproyeksikan akan turun. Namun untuk berapa harganya masih diperhitungkan terus. Dengan mempertimbangkan banyak hal tentunya,” tandasnya. (anita/hm18)

Related Articles

Latest Articles