22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Bursa AS dan Asia Membaik, IHSG Mengekor Tapi Rupiah Melemah

Medan, MISTAR.ID

Kinerja pasar keuangan di Asia pada perdagangan hari ini menguat tajam. Kenaikan kinerja bursa di Asia dipicu oleh membaiknya kinerja bursa di Amerika Serikat (AS).

“Bursa di AS menguat di tengah demo besar pendukung Presiden AS Donald Trump. Meskipun pelaku pasar pada umumnya juga tengah mempertimbangkan kemungkinan gelontoran stimulus fiskal tambahan serta dana bantuan Covid-19,” kata analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin dalam pembukaan pasar saham pagi ini, Kamis (7/1/21).

Lanjutnya, karena sentimen tersebutlah yang membuat kinerja indeks saham global khususnya yang ada di Asia mengalami penguatan yang cukup signifikan.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Dibuka Melemah

“IHSG pada perdagangan pagi ini dibuka menguat di level 6.091,72. Dan kinerjanya diyakini akan mampu bertahan di zona hijau setidaknya sampai penutupan perdagangan sesi pertama nantinya,” sebutnya.

Sementara itu, mata uang rupiah kinerjanya masih memburuk. Dimana rupiah kembali melemah di level 13.920 per US dolar. Dan di awal pembukaan kinerja mata uang rupiah juga melemah di level 13.905 per US dolar.

“Namun bila dibandingkan kinerja rupiah pada penutupan perdagangan sebelumnya hanya di level 13.895 per US dolarnya,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles