23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Domestik Terjaga

Jakarta | MISTAR.ID – Singapura memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi di tahun 2020 akibat wabah virus korona. Negara tersebut memproyeksi pertumbuhan ekonomi mereka ada di kisaran -0,5% hingga 1,5%. Padahal sebelumnya, pemerintah memproyeksikan ekonomi negara tersebut bisa berada di kisaran 0,5% hingga 2,5%.

Menanggapi hal tersebut, Badan Pusat Statistik (BPS) melihat hal itu tentu akan berdampak pada perekonomian Indonesia. Namun, ini masih berupa sebuah asumsi sehingga BPS masih perlu menghitung dengan berbasis data untuk akibatnya terhadap proyeksi.

“Namun, semoga dampaknya tidak sebesar itu. Nanti akan kita coba hitung dan sampaikan datanya,” jelas Suhariyanto Senin (17/2/20) di Jakarta.

Menambahi hal itu, Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Sri Soelistyowati mengatakan bahwa BPS melihat akan ada dampak ke pertumbuhan ekonomi, terutama dari penyebaran virus korona ke pertumbuhan ekonomi domestik.

Meski begitu, Sri mengatakan bahwa Indonesia masih bisa menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dengan menjaga perekonomian domestik, yaitu dengan menjaga daya beli sehingga mendorong konsumsi. Apalagi, konsumsi merupakan penopang pertumbuhan ekonomi utama di Indonesia.

Selain itu, daya beli yang cukup bagi masyarakat juga mendorong untuk masyarakat melakukan konsumsi leisure dan berwisata. Dengan kegiatan ini, diharapkan mampu menggantikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang akan berkurang di awal tahun ini.

Lebih lanjut, Sri juga mengatakan bahwa Indonesia juga bisa untuk fokus pada perdagangan, dengan melakukan diversifikasi pasar sehingga tidak hanya bergantung pada negara-negara tradisional.

Sumber: Antara
Editor: Jelita

Related Articles

Latest Articles