21.1 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Bank Mandiri Terbitkan Obligasi, Butuh Rp1 Triliun

Jakarta,MISTAR.ID

PT Bank Mandiri (Persero)Tbk membuka penawaran umum berkelanjutan (PUB) II dengan menerbitkan surat utang. Obligasi rupiah ini merupakan tahap I dengan target Rp1 triliun.

Direktur Treasury, International Banking & Special Asset Management Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, rencana jatah PUB II Bank Mandiri secara keseluruhan mencapai Rp20 triliun.

Penerbitan obligasi itu berisifat inisiatif strategis demi memperkuat struktur perseroan dalam mendukung rencana ekspansi bisnis ke depan.

“Sejalan dengan keinginan Bank Mandiri guna mendukung berbagai program pemerintah, kami senantiasa memperkuat struktur funding (pendanaan), terutama di tengah tantangan pandemi corona dan ketidakpastian global,” ujarnya, dalam keterangan resmi, Minggu (05/04/2020).

Untuk mendukung aksi korporasinya, bank BUMN berpita biru ini menunjuk lima penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, Danareksa Sekuritas, BCA Sekuritas, serta Trimegah Sekuritas Indonesia.

Darmawan menuturkan PUB II Tahap I akan diterbitkan dalam dua seri, yakni seri A yang berjangka waktu 5 tahun, dan seri B berjangka waktu 7 tahun dengan kisaran kupon masing-masing sebesar 7,50 persen-8,60 persen, dan 8,30 persen-9,40 persen.

“Untuk besaran kupon akan ditentukan berdasarkan penawaran yang masuk dari calon investor. Tentu, kami juga akan menggunakan tingkat pengembalian investasi pada Surat Berharga Negara, serta suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) dalam menentukannya,” imbuh dia.

Dalam rangka penerbitan obligasi ini, ia menambahkan Bank Mandiri telah memperoleh pemeringkatan dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), yaitu AAA dengan outlook stabil.

Rencananya, penawaran awal PUB II tahap I ini akan dilaksanakan pada periode 6-20 April 2020 dan penawaran umum diperkirakan pada 5 -6 Mei 2020.

Obligasi ini diharapkan akan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan diperdagangkan di pasar sekunder pada 13 Mei 2020.

Sumber : CNNIndonesia
Editor : Mahadi

Related Articles

Latest Articles