21 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Pekan Ini, Peluang Pasar Keuangan Menguat Terbatas

Medan, MISTAR.ID

Sejumlah bursa di Asia pada pagi ini diperdagangkan melemah, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang bergerak dalam rentang 6.980 hingga 7.030.

Dikatakan Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin bahwa secara teknikal, IHSG masih kesulitan untuk bertahan di atas level 7.030.

“Namun dari sisi fundamental, pasar keuangan global berpeluang untuk menguat terbatas jika sejumlah rilis data ekonomi tidak meleset terlalu lebar,” kata Gunawan, Senin (25/9/23).

Disisi lain, menurut Gunawan pelaku pasar dibayangi oleh ketakutan akan kenaikan suku bunga acuan di masa yang akan datang. Kenaikan harga minyak mentah dunia akan mempersulit pengendalian inflasi dan hanya akan mempercepat kenaikan bunga acuan.

Baca juga: IHSG Berpeluang Melemah Sepekan ke Depan

“US Dolar juga masih berpeluang menekan sejumlah mata uang di dunia termasuk mata uang Rupiah. Akan tetapi, di pekan ini mata uang Rupiah diperkirakan akan menguat terbatas dalam rentang 15.250 hingga 15.350,” urainya.

Hanya saja, yang perlu diwaspadai adalah tren kenaikan harga minyak mentah yang saat ini sudah berada di atas $90 per barelnya. Jika kenaikan harga minyak dunia berlanjut, sangat berpeluang memicu terjadinya tekanan yang lebih besar pada mata uang Rupiah.

Disisi lain, amatan Gunawan untuk harga emas diproyeksikan akan bergerak dalam rentang $1.915 hingga $1.945 per osn troy nya. Kinerja harga emas diproyeksikan masih akan bergerak sideways selama pekan ini.

“Harga emas tidak akan begitu terusik dengan inflasi di pekan ini. Justru harga emas berpeluang menguat jika seandainya data ekonomi AS mampu tumbuh setidaknya sesuai dengan ekspektasi sebesar 2,2% di kuartal ketiga,” ucapnya.

Related Articles

Latest Articles