10.2 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Harga Bawang Merah Naik, Sedangkan Bawang Putih Turun di Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional Kota Pematangsiantar mulai merangkak naik di kisaran Rp40.000/Kg hingga Rp45.000/Kg. Menurut pengakuan sejumlah pedagang bawang yang berjualan di pasar tradisional Dwikora, naiknya harga bawang merah sudah terjadi sejak dua pekan lalu.

“Sebenarnya mulai naiknya sudah terjadi sejak Lebaran kemarin, hanya saja naiknya tidak melambung seperti sekarang ini,” ungkap salah seorang pedagang sayur mayur, R Sinaga, Rabu (1/6/22).

Dia juga menambahkan, kenaikan harga bawang tersebut dikarenakan pasokannya masih terbatas. Ditambah lagi, masa panen sudah mulai habis.

Baca juga: Pasokan dari Jawa Sedikit, Harga Bawang Merah Melambung di Kota Medan

“Kami saja dapatnya cuma 2 goni (karung) atau 50 Kg. Memang lagi kosong aja barang, jadinya harga pun turut naik,” kata dia.

Tak jauh beda dengan pedagang lainnya, Rohandi. Menurutnya, melonjaknya harga bawang merah dipasaran diduga karena terbatasnya jumlah pasokan yang datang. Dia juga menduga, minimnya pasokan dikarenakan kondisi cuaca tak menentu yang mempengaruhi hasil panen bawang petani lokal.

“Barangkali karena kondisi cuaca saat ini yang tak menentu. Kadang panas, tiba-tiba hujan. Menurut mereka (petani-red) ini kadang yang membuat hasil panen jadi jelek,” sebut Rohandi.

Baca juga: Harga Bawang Merah Melonjak Naik, Cabai Merah Turun

Meski begitu, sambung Rohandi harga bawang merah tersebut berbanding terbalik dengan harga bawang putih. Karena harga bawang putih mengalami penurunan sangat drastis menjadi Rp16.000 per kg dari sebelumnya Rp28.000 per kg.

“Bawang putih lagi murah. Pasokan bawang putih dalam sepekan terakhir melonjak sehingga pedagang tidak mengalami kekurangan,” Kata Rohandi. (yetty/hm09)

Related Articles

Latest Articles