-3.8 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Jumlah Wisatawan di Kawasan TCR Danau Toba Mencapai 13.133 Orang

Medan, MISTAR.ID

Selama libur Idul Fitri/Lebaran 1443 H kunjungan wisatawan di kawasan Danau Toba termasuk di The Caldera Resort (TCR) di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) mencapai 13.133 orang. Di lahan zona otoritas Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) tersebut masyarakat menghabiskan libur Lebaran.

“Dari tanggal 30 April hingga 4 Mei 2022 jumlah kunjungan di TCR total 13.133 pengunjung,” sebut Kepala Divisi (Kadiv) Komunikasi Publik BPODT, Anderson Situmeang saat dikonfirmasi Jumat (6/5/22).

Dijelaskannya, TCR memiliki pemandangan indah dari perbukitan di kawasan Danau Toba. Wisatawan atau masyarakat tidak perlu mengeluarkan kocek lebih dalam. Pengunjung Umum atau dewasa dikenakan biaya Rp15 ribu per orang setiap hari Senin hingga Jumat. Sedangkan, Sabtu, Minggu dan Hari Libur sebesar Rp20 ribu per orang.

Baca juga: Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Kawasan Geopark Kaldera Toba

Balita Rp5 ribu per orang dan pelajar Rp10 ribu per orang. Untuk warga negara asing, Senin hingga Jumat cukup membayar Rp30 ribu per orang dan Sabtu, Minggu dan Hari Libur sebesar Rp40 ribu.

“Selama liburan Lebaran ini, kita juga sangat ketat terhadap protokol kesehatan diterapkan kepada pengunjung saat berada di Kaldera Toba,” ucap Anderson.

Dia juga mengatakan, TCR memiliki spot-spot foto yang memanjakan wisatawan atau berkunjung untuk mengabadikan momen di objek wisata yang akan dibangun fasilitas pariwisata berstandarisasi internasional itu.

Baca juga: Kementerian Perhubungan RI Gelar Pengecekan Kapal di Danau Toba

“Di objek wisata ini, Presiden Joko Widodo hingga menteri di Tanah Air sudah pernah berkunjung untuk menikmati keindahan paronama alam indah Danau Toba,” katanya.

Untuk saat ini, TCR baru memilik fasilitas camping alam yang mewah, yakni Bobox Cabin. Sehingga memberikan ketenangan bagi wisatawan yang menginap dengan sajian pemandangan alam Danau Toba.

Kemudian, di lokasi objek wisata Pemerintah Indonesia akan membangun fasilitas pariwisata standar internasional dengan menggandeng investor dan pengembangan terus dilakukan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles