25.2 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Destinasi Wisata Warisan Budaya Batak: Kampung Ulos Hutaraja

Samosir, Mistar.id

Kampung Ulos Hutaraja di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, adalah pusat kerajinan tenun ulos Sumatra Utara.

Kampung ini bahkan dianggap sebagai salah satu desa wisata terbaik di wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DSP) Danau Toba.

Wisatawan dapat menyaksikan proses tenun ulos, yang merupakan warisan budaya bangsa yang berlangsung sejak ratusan tahun. Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru saja menyelesaikan proyek revitalisasi kampung Ulos Hutaraja ini.

Baca juga : Hari Ulos Nasional 2023 Dirayakan, 1000 Meter Kain Ulos Bakal Diarak Keliling Danau Toba Hingga Kota Siantar

Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir terus mempromosikan Kampung Ulos Hutaraja melalui media sosial untuk menarik wisatawan. Konten kreatif memperkenalkan keunikan dan fasilitas seperti kopi, toilet premium, dan homestay.

Sebagai informasi yang diberikan oleh Tetti Naibaho, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, “Yang terbaik berada di Lumban Sitohang,” katanya, Sabtu (7/10/2023).

“Hari biasa pun banyak tamu yang tertarik menyaksikan kegiatan bertenun di kolong rumah,” kata Tetti.

Selain itu, ada kafe dan warung UKM yang dikelola oleh masyarakat setempat. Pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Toba dan Gunung Sakral Pusuk Buhit sambil menikmati musik Batak yang khas.

Selain itu, Kampung Ulos Hutaraja menyelenggarakan berbagai acara, seperti Festival Tobajojo dan Gebyar Budaya Danau Toba. “Sebagai penggeraknya adalah pemuda batak dari berbagai kota di Indonesia,” katanya.

Baca juga : Jokowi Resmikan Revitalisasi Huta Siallagan dan Kampung Ulos Huta Raja Samosir

Sebelum Kampung Ulos Hutaraja direvitalisasi oleh Kementerian PUPR, kondisinya sangat buruk, kata Tetti. “Tapi sekarang telah menjadi praktik terbaik untuk sarana hunian.”

Karena itu, Tetti dari Dinas Pariwasata Kabupaten Samosir berusaha keras untuk mempertahankan predikat tersebut.

Dia mengatakan, “Kami terus memberikan pelatihan kepada masyarakat Kampung Ulos tentang kebersihan dan higienitas toilet.”  (KBRN/hm19)

Related Articles

Latest Articles