-1.1 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

Agar Tak Salah Memilih Perguruan Tinggi Swasta, Ini Tipsnya

MISTAR.ID
Berbagai seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mulai dari SNMPTN, SBMPTN dan sejumlah jalur mandiri PTN sudah terlewati. Segala upaya telah dilakukan, mulai belajar mati-matian, berdoa siang malam, namun bila belum berjodoh apa boleh buat.

Masuk PTN menjadi impian sebagian calon mahasiswa, prestise dan biaya lebih murah adalah sebahagian alasannya. Namun daya tampung kampus negeri cukup terbatas. Misalnya saja, untuk SBMPTN hanya sekitar 20 persen yang lolos seleksi.

So,,, apakah lantas membuat kamu menjadi patah semangat dan memutuskan untuk tidak kuliah. Oh no! Kamu masih punya kesempatan untuk kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Karena, baik PTN dan PTS sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hanya saja, kamu perlu lebih jeli dalam memilih PTS yang berkualitas agar memiliki daya saing tinggi setelah lulus.

Baca juga: USU Masuk 15 Besar THE Impact Rankings Perguruan Tinggi di Indonesia

Berikut sejumlah tips saat kamu berencana untuk memilih PTS:

1. Akreditasi kampus dan program studi

Sama seperti halnya PTN, setiap PTS dan prodinya juga memiliki akreditasi. Akreditasi adalah upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus. Sehingga semakin tinggi akreditasi perguruan tinggi (baik itu PTS atau PTN), maka citra dan lulusannya juga ikut tinggi. Untuk mengetahui akreditasi kampus atau program studi, kamu bisa cari informasi dari kampus terkait atau melihat data dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di laman https://www.banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi.php

2. Peringkat kampus

Selain melihat akreditasi, peringkat kampus juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kampus swasta.
Saat ini, banyak lembaga–lembaga pemeringkat perguruan tinggi baik nasional maupun internasional yang melakukan pemeringkatan, seperti Kemenristekdikti, Webometrics, QS World University Rankings, THE World University Rankings, 4ICU dan lainya.

Peringkat suatu kampus sering kali diabaikan oleh calon mahasiswa. Padahal, peringkat ini akan sangat berguna terutama saat kamu akan melamar beasiswa S2 ke luar negeri.

3. Biaya kuliah
Biaya kuliah di PTS bisa jadi relatif lebih tinggi ketimbang PTN. Namun, bisa jadi biaya itu sebanding dengan fasilitas, metode pembelajaran atau mungkin praktikum-praktikum yang akan kamu dapatkan.

Baca juga: Menyimak Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Masa Pandemi

Menariknya, sejumlah PTS kini juga menawarkan banyak beasiswa seperti yang ditawarkan Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kamu bisa melihat cara daftar KIP Kuliah jalur PTS di artikel ini.

4. Lokasi kampus
Bila ingin lebih menghemat biaya, kamu bisa mencari kampus swasta dengan kualitas baik yang bisa ditempuh pulang-pergi dari rumah. Tentu, ini akan menghemat biaya kos dan kebutuhan hidup. Kecuali bila kamu memang sudah punya kampus swasta impian di luar kota dan sanggup untuk menanggung biaya hidup di sana, maka yang perlu dilakukan adalah belajar giat agar lolos seleksi masuk. Pasalnya, kampus swasta terbaik juga memiliki jumlah peminat yang tinggi.

5. Wadah pengembangan diri
Masa-masa kuliah tak hanya sekadar untuk mengejar nilai akademis. Kampus yang baik harus menyediakan wadah agar mahasiswanya memiliki keterampilan saat memasuki dunia kerja. Misalnya, bekerja sama dengan industri dan perusahaan dalam menyediakan kesempatan magang, memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mengasah bakat serta prestasi, hingga kegiatan praktikum yang memungkinkan mahasiswa belajar mengaplikasikan teori.

6. Kiprah alumni

Kiprah alumni juga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan. Bila kampus swasta yang kamu pilih memiliki banyak alumni yang sukses, ini akan sangat baik untuk mengembangkan networking saat memasuki dunia kerja nantinya. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengenal banyak senior melalui kegiatan UKM, webinar, maupun magang.

7. Rekomendasi mereka yang pernah kuliah
Pengalaman dari mereka yang benar-benar pernah merasakan bagaimana dinamika perkuliahan di PTS tentu dapat memberikan kamu banyak masukan berharga saat ingin memilih kampus, termasuk memilih jurusan. (kompas/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles