17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Trump Dianggap Tak Bertanggungjawab karena Masih Bepergian Saat Terinfeksi Covid-19

Washington, MISTAR.ID

Dokter yang merawat Presiden Donald Trump untuk Covid-19 mengirimkan sinyal yang bertentangan tentang parahnya kondisinya pada, Minggu (4/10/20), beberapa jam sebelum presiden Trump mengejutkan para pendukung yang berkumpul di luar rumah sakit, dengan iring-iringan mobil dadakan.

Trump, yang mengatakan pada, Jumat (2/12/20) pagi, bahwa dia mengidap penyakit menular, dengan cepat dikritik karena mempertaruhkan kesehatan staf pendukung.

Itu adalah penampilan pertama Trump di depan umum sejak dia dievakuasi ke rumah sakit pada hari Jumat.

“Ini perjalanan yang sangat menarik. Saya belajar banyak tentang Covid,” katanya dalam video yang diposting di Twitter tak lama sebelumnya.

Baca Juga:Usai Diberi Oksigen Tambahan, Medis Pantau Paru-paru Trump

Dokter mengatakan, presiden membaik meskipun mereka memantau kondisi paru-parunya setelah dia menerima oksigen tambahan. Mereka mengatakan, dia bisa dikirim kembali ke Gedung Putih secepatnya, Senin (5/10/20).

Tetapi, Dr Sean P Conley mengatakan, kondisi presiden lebih buruk daripada yang dia akui sebelumnya. Conley mengatakan, kadar oksigen dalam darah Trump telah turun pada hari-hari sebelumnya, dan dia mengalami demam tinggi pada Jumat pagi.

Ditanya tes apa yang mengungkapkan tentang kondisi paru-paru Trump, Conley menjawab: “Ada beberapa temuan yang diharapkan, tetapi tidak ada masalah klinis yang besar.”

Baca Juga:Trump Positif Covid-19, ini Aturan Soal Kelanjutan Pilpres AS

Tanggapan Conley menunjukkan bahwa sinar-X mengungkapkan beberapa tanda pneumonia, kata Dr Amesh Adalja, spesialis penyakit menular di Universitas Johns Hopkins.

“Temuan yang diharapkan adalah dia memiliki bukti pneumonia di X-ray. Kalau normal mereka bilang biasa saja,” kata Adalja. Dokter lain yang tidak terlibat dalam perawatan Trump mengatakan, ada bukti kasusnya parah.

Trump diberi dexmethasone, steroid yang digunakan pada kasus Covid parah, serta obat antivirus intravena Remdesivir dan pengobatan antibodi eksperimental dari Regeneron Pharmaceuticals. REGN.O.

Baca Juga:Sepak Terjang Hope Hicks, Penasihat Cantik yang Menulari Trump dengan Covid-19

“Sangat tidak mungkin baginya untuk keluar dan sekitar, dan mengikuti jejak kampanye dalam waktu kurang dari 14 hari,” kata Dr David Battinelli, kepala petugas medis di Northwell Health New York.

Pejabat administrasi telah memberikan penilaian yang kontradiktif tentang kesehatan Trump. Conley dan dokter lainnya menyampaikan prognosis positif pada hari, Sabtu (3/10/20), yang segera dilemahkan oleh Kepala Staf Mark Meadows.

“Saya mencoba untuk mencerminkan sikap optimis tim dan presiden tentang penyakit yang dideritanya,” kata Conley kepada wartawan, Minggu (4/10/20). “Saya tidak ingin memberikan informasi apa pun yang mungkin mengarahkan perjalanan penyakit ke arah lain.”

Baca Juga:Celoteh Trump yang Terpapar Covid-19 Merasa Lebih Baik

Dia mengatakan, telah bertemu dengan tentara dan responden pertama di rumah sakit, menimbulkan pertanyaan baru tentang apakah dia sekarang secara langsung membuat orang lain terkena penyakit itu.

Para kritikus mengatakan, personel yang melakukan perjalanan dengan SUV lapis baja Trump selama iring-iringan mobil sore itu sekarang harus melakukan karantina sendiri selama 14 hari.

“Ketidaktanggungjawaban ini sangat mengejutkan,” kata Dr James Phillips, seorang dokter yang merawat di rumah sakit, di Twitter.

Asosiasi Koresponden Gedung Putih berkeberatan bahwa wartawan belum diberi tahu tentang Trump sebelum itu terjadi.

Baca Juga:Kim Jong-un Harapkan Donald Trump dan Istrinya Melania Segera Pulih

Juru bicara Gedung Putih Judd Deere mengatakan, perjalanan itu telah disetujui oleh staf medis dan tindakan pencegahan yang sesuai telah diambil.

Pejabat kesehatan di New Jersey mengatakan, mereka mencoba melacak lebih dari 200 orang yang menghadiri acara penggalangan dana Trump di lapangan golfnya di sana pada hari Kamis.

Trump melakukan perjalanan ke acara tersebut setelah penasihat dekat Hope Hicks tertular virus, dan hanya beberapa jam sebelum dia mengumumkan bahwa dia telah dites positif.

Penyakit Trump telah membalikkan kampanye pemilihan ulangnya karena berusaha untuk menangkis Biden di bulan terakhir pemilihan. Beberapa anggota lingkaran dalamnya juga dinyatakan positif mengidap penyakit itu, serta tiga anggota Senat AS dari Partai Republik.(reuters/ja/hm10)

Related Articles

Latest Articles